Pages

Wednesday, December 1, 2010

Apakah ini gejala Kanker

Dokter, Saat ini saya dipenuhi banyak pertanyaan. Sudah 6 bulan ini ibu saya sering sakit-sakitan. awalnya saya mengira beliau sakit karena terlalu lelah mencari uang. Tapi kondisinya makin parah (sering sakit) ketika adik saya yang berada diluar negeri jarang memberikan kabar. tapi memang sangat sulit untuk membujuk ibu saya untuk melakukan general check up, beliau selalu bilang "takut jadi tambah ga bisa berbuat apa2 kalau sudah ketahuan penyakitnya". Gejala yang dialami ibu saya adalah muntah, nafsu makan tidak ada, hampir setiap hari merasakan sakit kepala sebelah dan kondisi itu terus berulang. Pagi ini saya mendesak ibu saya untuk melakukan general check up. tapi beliau tetap tidak mau. Dokter, apakah benar gejala yang dialami ibu saya adalah gejala kanker darah? Saya sangat membutuhkan jawaban dan advise dari Anda. Demikian, terima kasih atas perhatiannya, Thanks,

- Alena -
Â
Jawab:

Gejala-gejala yang anda sebutkan pada dasarnya adalah gejala yang dimiliki oleh banyak penyakit, termasuk kanker. Kanker sebagai sebuah penyakit memiliki kecendrungan usia tertentu dan secara spesifik hanya menyerang satu organ tertentu. Gejala sistemik (umum) yang dimiliki kanker termasuk penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, dan kelemahan (lethargi), namun gejala ini juga dimiliki oleh penyakit-penyakit sistemik yang non-kanker seperti diabetes mellitus, hipertensi, bahkan kelainan psikologis seperti depresi.

Dari cerita anda bahwa ibu anda sering merasakan sakit kepala sebelah yang disertai muntah dapat dikatakan bahwa ibu anda memiliki gejala migraine. Migraine dapat dianggap sebagai penyakit maupun gejala dari penyakit lain. Sebagai penyakit, migraine sangat dapat ditangani dan dirawat. Hal lainnya yang sebenarnya perlu dilakukan oleh anda adalah meyakinkan bahwa ibu anda memang perlu mengetahui masalah apa yang dialaminya. Semakin cepat kita tahu masalahnya, semakin cepat pula kita menyelesaikannya, bukan begitu?

Saran saya kepada anda adalah untuk berkonsultasi kepada dokter Spesialis Syaraf ( Dokter Neurologi ). Beliau akan memeriksa dan melakukan beberapa tes diagnostik untuk mengetahui apa yang sebenarnya dialami oleh ibu anda. Jadi selamat mencoba dan semoga berhasil.

Terima kasih

- Dr. Noor Hafidz

3 comments:

Putri Hapsari said...

Selamat siang Dok...

Saya mau tanya berkaitan dengan pertanyaan mbak itu, agak mirip2 ceritanya...
Begini, ada teman saya,cowok,umur 29 th sering mengeluhkan pusing, nyeri dibagian belakang kepala, mual, mutah, sudah sering terjatuh karena hilang keseimbangan yang terakhir dia keluhkan sekitar bulan Juni 2011.
Pertanyaan yang mengganjal di pikiran saya,apakah gejala2 seperti itu yg termasuk ke dalam gejala kanker ya, Dok??
Tolong penjelasannya yang mendetail ya, Dok..
Terima kasih..
Tuhan Memberkati Anda...

sherly valentine said...

selamat siang dok ..

saya punya teman dekat namanya rainy umur 17 tahun. dari umur 13 tahun atau saat smp kelas 2 dia sudah merasa sakit. berawal dari sakit di perut bawah bagian kiri dan kanan. awalnya ia berfikir itu hanya maag. namun tiba-tiba ia sakit di bagian punggung belakang ia tidak bisa bergerak dan tidak bisa bernafas. jika ia bergerak rasanya sakit hingga ia menangis. setelah itu ia menjadi sering pusing. tapi tidak pernah mimisan. beranjak masuk sma sakit itu tidak pernah datang lagi. tetapi saat kelas 2 ia kembali sakit yang sama malah tambah parah. setiap ia terkena sinar matahari ia akan pusing lalu jika ia ada masalah atau kelelahan salah satu anggota badannya jadi lemas dan tidak bisa di gunakan ...

terakhir saat ini ada benjolan di perutnya di sebelah kanan dekat dengan tulang rusuk. ia juga menjadi cepat lupa dan di malam hari menjadi seperti orang linglung. saya khawatir dengan dy. dy masih takut ke dokter apa lagi sekarang ia sedang bekerja dan akan kuliah saya takut semakin parah ...
dokter apakah itu termasuk gelaja kanker? tolong di bantu kirim email ke she_valen_skul@yahoo.com

OLT said...

dok saya ingin menanyakan tentang gejala gejala yang saya alami belakangan ini, jadi waktu lahir saya dibilang ada kelainan jantung tetapi ibu saya tidak memeriksakan saya jadi saya tidak tau kelainan jantung apa yang saya alami, jantung saya suka nyeri dan sakitnya sampai ke punggung dan bahu saya dan sakitnya sangat menyiksa. Lalu kepala saya dulu pernah terbentur lantai 2 kali dan sejak terbentur itu saya sering pusing, awalnya pusing biasa dan tidak terlalu sakit, tetapi akhir2 ini sakitnya sangat menyiksa bahkan terdengar suara letupan didalam kepala saya, telinga saya juga suka berdenging. lalu saya juga suka mual yang rasanya sangat menyiksa, saya juga sulit menjaga keseimbangan, penglihatan saya kadang berkunang2 jika sedang pusing, lalu rambut saya sangat mudah rontok, saya juga gampang lupa, saya juga mudah bingung. kirakira ini gejala apa dok? dan saya harus periksakan masalah ini ke bagian apa? trimakasih dok