Pages

Tuesday, March 1, 2011

Gugup Di Muka Umum

salam dokter
begini Dok.....
saya pria berumur 28 tahun, dan yang menjadi permasalahan saya adalah
badan saya sering gugup / gemetar kalau ditunjuk untuk memimpin salah satu kegiatan di tengah orang banyak, pokoknya ngga bisa sama sekali tuk melakukannya.dan yang menjadi pertanyaan saya adalah saya sedang mengidap penyakit apa dan obat2an apa yg bisa menyembuhkan saya.
atas bantuan sebelum dan sesudah saya ucapkan limpah terima kasih.

-trendy-

Jawaban:


Salam Pak Trendy
Begini Pak….

Pertama yang Bapak lakukan adalah bertanya kepada diri sendiri, mengapa Bapak menjadi gugup bila harus tampil di muka orang banyak. Apa Bapak kurang siap? Jika ya, sebelum tampil lakukan persiapan yang matang, kalau perlu latihan di depan kaca. Dan yang lebih penting adalah Bapak harus yakin bahwa Bapak bisa melakukannya. Tetapi, hal ini mungkin tidak bisa hilang dalam sekejap, Bapak harus banyak latihan untuk tampil di muka orang banyak, jika perlu tawarkan diri bila ada kesempatan. Semakin Bapak berlatih dengan tampil di muka umum, semakin Bapak akan lebih percaya diri.

Kunci sukses untuk dapat tampil di muka umum bukan dengan membaca teori dari buku yang bertumpuk, tetapi latihan dan latihan, namun tentunya dengan persiapan materi.
Dari mungkin mulanya setiap kata anda persiapkan dalam selembar catatan kertas, sampai kemudian Bapak terbiasa berimprovisasi.
Satu lagi obatnya jangan mudah putus asa. Apalagi anak Bapak akan mulai meniru Bapak sejak usia-usia sekarang ini!
Demikian Bapak, semoga bermanfaat.


(dr. Edi Patmini)

No comments: