Pages

Tuesday, March 1, 2011

Sering merasa pusing untuk berjalan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Saya akhir-akhir ini sering merasa pusing untuk berjalan , terutama pada pagi hari sampai siang hari, dan labung saya kadang kadang terasa nyeri terutama pada pagi hari. Yang mana sebelunya saya sakit jantung pecktoris, dan sudah menjalani perawatan oleh dokter SJP (Spesialis Jantung), dan dinyatakan jantung saya sudah baik dan normal, dan oleh dokter saya dikasih obat Vertigo tetapi pusingnya tidak juga berkurang. Apakah itu efek dari penggunanan obat jantung yang selama ini saya minum ?
Menurut dokter solusi apa yang dokter anjurkan.

Terima Kasih Sebelumnya
-mahendra-


Jawaban:

WaĆ¢€™alaikumsalam Wr. Wb.
Mba Mahendra yang dirahmati Allah, sabar ya. Semua penyakit yang menimpa diri kita apabila kita ikhlas menerimanya, Insya Allah dapat mengurangi dosa-dosa kita.
Rasa pusing/berputar atau dalam bahasa kedokterannya disebut Vertigo merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan sistem keseimbangan tubuh. Hal ini dapat terjadi karena tekanan darah tidak normal (bisa tinggi atau rendah), kadar gula yang tidak normal (bisa tinggi atau rendah), gangguan dari telinga atau pikiran yang terlalu tegang dan penggunaan obat-obatan tertentu. Khusus mengenai penggunaan obat-obatan, saya tidak dapat memastikan apakah obat-obat jantung yang anda konsumsi dapat menyebabkan vertigo karena tidak disebutkan oleh anda. Namun efek obat umumnya terbatas artinya bila vertigo masih berlangsung setelah anda menghentikan pemakaian obat selama lebih dari 1 minggu, maka Insya Allah vertigo yang timbul bukan disebabkan oleh obat-obat tersebut.
Apabila vertigo yang anda alami sangat mengganggu, sebaiknya anda memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan.


Mba Mahendra, rasa nyeri di lambung yang etrasa terutama di pagi hari kemungkinan merupakan sindrom dispepsio atau dalam bahasa sehari-hari sering disebut saikit maag. Memang beberapa obat vertigo salah satu efek sampingnya adalah sakit maag.

Untuk mengurangi gejala ini, sebaiknya mba Mahendra melakukan hal-hal berikut:
1. Makan secara teratur, tidak berlebihan atau kekurangan dan mengandung gizi yang lengkap
2. Mengurangi beban pikiran (stress psikid)
3. Istirahat yang cukup (tidur pulas)
4. Minum air putih minimal 2 liter/hari (8 gelas)
5. Mengurangi minuman yang mengandung soda dan kopi
6. Mengurangi makanan yang mengandung cuka, serta mie instan
7. Tidak merokok
8. Mengkonsumsi obat maag (antasida) seperti Promag, Mylanta dll sebelum tidur

Demikianlah, semoga ulasan singkat ini dapat menjawab pertanyaan anda.


(Dr. Lian Marliana)

No comments: