Pages

Tuesday, March 1, 2011

Kegemukan dan Berhenti Menstruasi

saya wanita umur 21 thn.saya ingin berkonsultasi dengan masalah reproduksi wanita!sekitar setahun yang lalu aku mengalami pemberhentian menstrulasi.saya juga sudah pernah ke dokter kandungan,dan sudah juga pernah diUSG dan hasilnya adalah gak ada apa2 dalam rahim aku,dokter hanya bilang klu aku kelebihan berat badan.tinggi saya 153.dan brt badan saya sekitar 65 kg.dokter hanya memberikan obat untuk mentrulasi.dan setelah aku minunm obat tersebut.mentrulasi pun terjadi selama 8 hari.setelah itu aku tdk minum obat itu lagi.danberlangsung sampai saat ini aku juga blm mentrulasi lagi.yang aku pertanyakan saat ini adalah :
1. Apakah reproduksi ku akan terganggu?
2. Apakah aku bisa mempunyai keturunann?
3.Terapi apa saja yang hrs aku jalani & apa yang harus aku makan supaya mentru lasiku teratur
4. Apakah aku hrs mengkomsumsi obat itu trs mrnerus?
Saya mohon bisa dijawab semua pertanyaan2 aku itu,karena aku takut kalau aku gak mempunyai keturunan & aku blm menikah!terima kasih atas perhatiannya!semoga cepat didijawab.


Hormat Saya,
Bekti


Jawaban:

Dear Bekti ,
Dari keterangan yang Bekti sampaikan dapat disimpulkan :

1. Jika hal tersebut terjadi terus menerus memang dapat mengakibatkan reproduksi Bekti terganggu. Jika dari hasil USG tidak didapatkan kelainan kemudian saat pemberian obat, menstruasi Bekti bisa datang, maka kemungkinan Bekti mengalami gangguan hormonal dan hal tersebut mungkin disebabkan karena kegemukan yang Bekti alami. Coba usahakan untuk mengurangi berat badan hingga berat badan ideal tercapai. Jika berat badan ideal sudahtercapai, diharapkan tubuh Bekti kembali normal sehingga Bekti bisa mendapatkan haid teratur setiap bulan dan tidak prlu mengkonsumsi obat untuk menstruasi lagi.

2. Mengenai masalah akan mempunyai keturunan atau tidak itu memerlukan pemeriksaan yang lebih akurat dan mendalam lagi yang biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Jadi, jangan dulu membayangkan hal yang tidak รข€“ tidak yang belum pasti terjadi, oke?

Jadi, saya tunggu kabar selanjutnya dari Bekti setelah mencapai berat badan idealnya, ya. Bekti pasti bisa melakukannya. Pokoknya semangat ! Oke, sekian dahulu jawaban dari saya. Semoga berhasil dan cepat sembuh ya. Wassalam.


(Dr. Ira Rizanty)

No comments: