Friday, April 22, 2011

Buang Air Berdarah

Dok, akhir-akhir ini saya menderita sakit dengan gejala : perut agak sakit (tapi tidak mules), buang air besar berdarah (tetapi tidak keras) disertai dengan sakit/perih di pinggang bagian belakang. Akibat sakit di pinggang itu saya merasa terganggu karena bila berkontraksi langsung menyebabkan saya lemas. Gejala apakah itu dok?

makasih.

-dudu-

Jawaban:

Buang air besar berdarah yang dalam istilah medis adalah hematochezia (bila darah berwarna merah) dan melena (bila darah berwarna hitam). Bila darah berwarna hitam maka sumber perdarahan dari lambung, karena darah bereaksi dengan asam lambung sehingga darah berubah warna menjadi hitam. Pada perdarahan saluran cerna yang lebih bawah dari lambung, darah akan bercampur dengan kotoran. Sementara perdarahan yang disebabkan pada perdarahan di daerah rektosigmoid (ujung bawah usus besar) darah berada pada bagian luar kotoran. Penyebab perdarahan saluran cerna bagian bawah bermacam – macam antara lain sebagai berikut (presentasi terjadinya bervariasi berdasarkan kelompok umur):
- divertikulosis usus
- kanker kolon (usus besar)
- polip kolon
- penyakit peradangan saluran cerna bawah seperti radang / tukak pada kolon, Crohn’s disease, infeksi kolon
- Angiodysplasia
- Hemoroid (wasir) interna
- Fissura anus


Kembali ke permasalahan Anda, sebaiknya Anda menemui dokter ahli bedah khususnya bedah digesti untuk memastikan diagnosa penyakit yang Anda alami. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik termasuk rectal touche (colok dubur) untuk mencari sumber perdarahan. Bila perlu akan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium, rontgen usus dengan menggunakan zat kontras, dan kolonoskopi.

Nyeri di pinggang bagian belakang sangat mungkin merupakan reffered pain (nyeri alih) pada perangsangan usus bagian bawah. Nyeri alih merupakan nyeri yang dirasakan bila ada nyeri dalam (rangsangan pada organ dalam seperti jantung, ginjal, usus, rahim, pankreas, dll) yang dirasakan atau yang menyebarkan nyeri ke arah superfisial (dekat dengan permukaan tubuh), kadang – kadang di samping rasa nyeri terjadi kejang – kejang otot atau kelainan syaraf otonom seperti berkeringat luar biasa. Ini mungkin yang menyebabkan Anda merasakan lemas jika nyeri sedang Anda rasakan.

Sebagai gambaran nyeri alih yang mungkin telah banyak diketahui oleh masyarakat umum adalah nyeri dada kiri yang menjalar ke lengan dan bahu kiri yang disebabkan oleh rangsangan pada jantung (biasanya dikenal serangan jantung koroner). Nyeri alih ini terjadi karena organ yang lebih dekat pemukaan tubuh tersebut mempunyai persyarafan yang sama dengan organ yang lebih dalam, yang menjalarkan rasa nyeri.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat. Terima kasih atas pertanyaannya.


(Dr. Edi Patmini SS Tuasikal)

No comments: