Pages

Friday, July 22, 2011

Keputihan, Sebabkan Susah Dapat Momongan?

DOKTER Nugroho, saya wanita usia 24 tahun. Sudah 6 bulan terakhir ini saya mengalami keputihan. Awalnya cairan bening dan banyak, lama kelamaan makin mengental, bahkan menggumpal. Warna putih kekuningan, bau tak sedap, dan terasa gatal.

Saya sudah menggunakan cairan pembersih, mengganti celana dalam sesering mungkin, tapi belum juga ada tanda-tanda berkurang. Untuk minum obat, saya ragu karena saya tidak tahu apakah ini disebabkan jamur atau infeksi.

Suami saya kadang melakukan oral, apakah itu juga dapat menjadi penyebabnya? Apakah stres juga dapat memicu keputihan? Saya khawatir karena saya dengar keputihan berkepanjangan bisa sulit untuk hamil. Terima kasih.

Jawaban:

Keluhan yang Anda kemukakan merupakan gejala infeksi lendir mulut rahim atau keputihan.

Sebaiknya keadaan tersebut jangan dibiarkan berlarut-larut, sebab dikhawatirkan infeksi tersebut akan menyebar ke bagian lain seperti rahim, saluran telur yang akan menyebabkan sulit hamil.

Kalau menurut saya, keadaan tersebut kemungkinan bukan karena dioral suami.

(dr Nugroho Setiawan, Ms, SpAnd)

2 comments:

Anonymous said...

Kalo masih belum mendapat momongan, sebelum terapi yang macam2 dan mahal lebih baik konsultasi ama ahli akupuntur, yaang saya tahu akupuntur sinshe HAN, seudah banyak menolong orang mandul.
Alamatnya google aja pake key word
"sinshe HAN"
semoga bisa membantu

Anonymous said...

langsung ke pertanyaan dok....
apakah setelah operasi pengangkatan rahim masih bise mengalami menstruasi....????
terima kasih atas jawaban yang sangat saya betuhkan ini