Pages

Friday, July 22, 2011

Pernah GO, Mr P Perih Saat Kena Air Hangat

DOKTER, saya laki-laki 37 tahun dan belum menikah. Saya mempunyai keluhan kalau mandi di shower air hangat, alat kelamin saya agak perih. Saat 5 tahun lalu saya kena penyakit gonorrhea (GO) atau kencing nanah. Saya ke dokter, tetapi tidak tuntas (waktu sudah merasa sembuh, saya tidak melanjutkan pengobatan).

Apakah perih tersebut disebabkan penyakit saya masih belum tuntas? Apakah saya nanti bisa punya anak, karena katanya kalau penyakit tersebut dapat membuat sperma cacat, apa benar? Bagaimana cara penanggulangannya? Apa saya harus ke dokter penyakit kelamin kembali, padahal saya sudah "sembuh" secara "fisik"?

Edi, Jakarta
eddy@gs1.or.id

Jawaban:

Keluhan perih saat kena air shower merupakan hal yang tidak biasa, jadi mungkin ada sesuatu dengan penis Mas Edi. Saran saya, sebaiknya segera berobat kembali agar dapat diketahui penyebab pastinya.

Untuk keadaan penyakit GO terkait dengan sperma cacat, sebenarnya tidak selalu berhubungan dengan kesuburan seseorang.


dr Nugroho Setiawan, Ms, SpAnd

1 comment:

Unknown said...

Dok,

Saya laki-laki umur 30, masih single. Saya sering onani. Keluhan saya mengapa penis saya terasa agak panas kayak nyeri. Terakhir kali saya onani sampai mengeluarkan darah. apakah penyakit saya berbahaya. saya kencing normal dan tidak ada nanah. obat apa yang bisa Dokter rekomendasikan?