Pages

Saturday, July 16, 2011

Siklus Haid Tidak Teratur Bikin Mandul?

SELAMAT sore dokter Anita, saya Anggi (30), seorang ibu rumah tangga sudah menikah selama enam tahun. Namun hingga kini belum juga hamil.

Tiga tahun pertama siklus haid saya normal, namun memasuki tahun keempat siklus haid saya tidak normal, mula-mula dua bulan sekali sampai akhirnya setahun hanya dua kali menstruasi. Saya sudah coba periksa kandungan saya ke dokter spesialis kandungan dan hasilnya tidak ada masalah, hanya diberi resep genecosit.

Memang setelah saya minum obat tersebut, saya menstruasi teratur. Sayangnya setelah obat itu habis, saya tidak haid lagi dan juga saya tidak periksa lagi sampai akhir tahun kemarin (selama hampir tiga tahun karena terbentur biaya).

Sekarang saya sudah mulai periksa ke dokter spesialis kandungan di puskesmas dan di beri obat hormon provera agar saya bisa haid lagi. Hasilnya saya masih belum haid juga, lalu saya ke doker lagi dan di beri resep pil KB lingkaran biru, dan bila saya tidak haid juga akan dirujuk ke rumah sakit.

1. Apakah saya punya penyakit?
2. Apakah saya bisa punya anak?
3. Apakah itu pengaruh dari hormon sperma suami saya? (karena sampai saat ini sperma suami belum pernah di periksa di Laboratorium)

Mohon penjelasan dari dokter, terima kasih.

Anggi.

Jawab:

Anda mengalami gangguan keseimbangan hormonal. Kalau keadaan ini terus berlanjut, Anda memang akan kesulitan punya anak, atau bahkan tidak punya anak.

Kalau Anda kesulitan biaya, bisa pergi ke rumah sakit pemerintah seperti RSCM (kalau tinggal di Jakarta). Di rumah sakit tersebut ada klinik fertilitas yang biayanya relatif ringan.

Suami Anda juga harus diperiksakan ke androlog yang ada di klinik fertilitas tersebut.


Anita Gunawan SpAnd

No comments: