Pages

Friday, July 15, 2011

Suntik KB, Sebulan Haid Tak Kunjung Berhenti

SELAMAT pagi dokter, saya Ani, seorang ibu rumah tangga. Saya mau tanya, bulan kemarin saya mengikuti program KB suntik yang sebulan sekali, pada awalnya normal-normal saja. Tetapi setelah suntikan keenam, tiba-tiba haid saya tidak berhenti sampai satu bulan.

Saat kembali ke bidan, saya disarankan suntik KB yang tiga bulan. Saya sudah melakukan itu, tapi sampai saat ini haid masih belum berhenti dan terkadang keluar darah beku kecil berwarna kecokelatan. Bidan mengatakan, itu disebabkan hormon yang tidak stabil. Sekarang saya dianjurkan untuk KB ganda, jalani suntik untuk tiga bulan sambil minum pil KB.

Apa ini menimbulkan efek samping? Dan apa penyebab perdarahan saya ini dokter? Mohon jawabannya dok. Terima kasih.

Ani

Jawab:

Sebaiknya Anda berhenti dulu suntik dan minum pil KB, pakai kondom saja. Tapi kalau pendarahannya banyak, pergilah ke dokter kandungan.

Kalau pendarahannya sedikit-sedikit, biarkan saja dulu tunggu sebulan lagi. Kalau masih berdarah , kunjungilah dokter.


Dr Anita Gunawan SpAnd

No comments: