Wednesday, March 14, 2012

Apa Sebabnya Saya Menstruasi 1 Tahun Sekali?

Dok, haid saya sangat tidak teratur terkadang saya haid 1 Tahun 1 kali dan itu pun hanya 3 hari. Jenis penyakit apakah ini? Apakah hal tersebut akan berpengaruh pada saat saya menikah nanti? Bagaimana mengobatinya?

Nuy (Perempuan Lajang, 20 Tahun), unuynunuy@yahoo.com
Tinggi Badan 150 Cm dan Berat Badan 65 Kg

Jawaban

Panjang siklus haid yang normal berkisar 25-35 hari. Bila panjang siklus haid kurang dari 25 hari atau lebih dari 35 hari biasanya itu menandakan tidak terjadi ovulasi yakni keluarnya sel telur dari indung telur.

Bila tidak terjadi ovulasi, tentunya tidak bisa terjadi kehamilan. Siklus haid bisa menjadi normal kembali bila tubuh tidak ada gangguan serius. Atau jika siklusnya terlalu panjang sebaiknya mendatangi dokter kandungan untuk diketahui penyebabnya dan dilakukan pengobatan.

Perempuan yang tidak mendapat menstruasi selama lebih dari 3 bulan dindikasikan adanya gangguan fisiologis. Kondisi ini dinamakan amenorrhoea dan tidak boleh diabaikan.

Terjadinya amenorrhoea mengindikasikan bahwa adanya gangguan fisiologis pada organ yang mengendalikan menstruasi. Menstruasi itu sendiri dikendalikan melalui hipotalamus ke hipofisis ke ovarium dan memerlukan interaksi serta fungsional endometrium (lapisan rahim) lalu terakhir menuju mulut rahim dan vagina.

Hal penting untuk diingat adalah amenorrhoea bukanlah diagnosis, tapi hanya gejala atau tanda dari beberapa kemungkinan gangguan yang melibatkan beberapa sistem organ. Jadi, amenorrhoea merupakan hal yang normal pada gadis yang belum puber, masa hamil dan setelah menopause.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG

No comments: