Tuesday, April 3, 2012

Badan Lemas dan Ludah Berdarah, Gejala Apa?

Dok, saya sering merasakan badan lemas dan ada saat-saat dimana paru-paru sedikit panas lalu saat meludah disertai darah.

Ini terjadi sejak SMP sampai sekarang, saya pernah medical chek up 2 kali hasilnya katanya hanya peradangan, tidak ditemukan gejala TBC, karena memang tidak disertai batuk dan dahak.

Terakhir saya chek darah LED-nya 15 katanya tinggi dan ada yang infeksi. Kira-kira kenapa ya dok? Apa berbahaya buat saya karena ini sangat sering terutama saat lelah dan cuaca sangat dingin atau sangat panas. Terimakasih.

Arif PG (Pria Lajang, 22 Tahun), pgaXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 65 Kg

Jawaban

Batuk darah atau hemoptisis adalah batuk darah atau dahak bercampur darah.Darah dapat berasal dari saluran nafas atau jaringan paru itu sendiri.

Hemoptisis harus dianggap serius dinilai dengan teliti oleh dokter, biasanya dilakukan wawancara untuk menentukan kekerapan, jumlah,jenis darah dan riwayat penyakit jantung atau paru sebelumnya.

Pemeriksaan fisik untuk mencari sumber pendarahan, misalnya pemeriksaan hidung, mulut, tenggorokan untuk menyingkirkan pendarahan lokal seperti epistraksis (mimisan) , perdarahan gusi atau lidah, teleangiektasis pada bibir dan mukosa pipi serta radang tenggorokan.

Penyebab hemoptisis digolongkan atas 4 kelompok : infeksi, neoplasma (keganasan), kelainan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) dan hal lainnya.

Diagnosis atau penyebab penyakit bisa ditegakan dengan cara wawancara oleh dokter, pemeriksaan fisik, foto dada, pemeriksaan darah, pemeriksaan sputum, bronkoskopi, CT scan dada.

Dr. Kamsi Rachmawati, Sp.PD

No comments: