Tuesday, April 3, 2012

Kapan Sebaiknya Test Pack Kehamilan Dilakukan?

Dok, saya sudah menikah 7 tahun dan belum punya anak. Saya sangat ingin segera mempunyai momongan, sehingga saya selalu melakukan tes terhadap istri saya jika sudah berhubungan.

Yang ingin saya tanyakan, apakah kalau baru melakukan hubungan suami istri 2-3 hari yang lewat, kehamilan sudah bisa terdeteksi dengan alat testpack? Dan kapan waktu yang tepat untuk mengetahui kandungan tersebut positif atau tidak? Karena selama ini negatif terus dok. Terimakasih.

Rio (Pria Menikah, 32 Tahun), rbaXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Sensitifitas test pack berbeda-beda, paling dini kehamilan bisa dideteksi 7 hari setelah terjadinya pembuahan. Namun sebaiknya pemeriksaan dilakukan bila menstruasi telah terlambat datang.

Untuk bisa hamil banyak faktor yang menentukan baik dari sisi istri maupun suami. Jika rutin melakukan hubungan seks dalam setahun tapi tidak kunjung hamil, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk diketahui penyebabnya.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG

2 comments:

Anonymous said...

Dok saya,sudah bertunangan 1blan yg lalu,dan saya melakukan Hubungan intim sekitar 1 blan yg lalu.satu bulan sebelum'a saya blum haid..Sminggu setelah melakukan itu saya Testpack tp hasil'a negativ Dan saya blum juga dapat Haid.?-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Tƺrimª Kªsih•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ dokter.
Jeje,20thn

Anonymous said...

dok, saya melakukan hubungan intim beberapa kali dengan pacar saya.. umur saya 20 tahun.. tapi selama ini kami melakukan senggama terputus (sperma dibuang diluar vagina,diperut tepatnya) yang ingin saya tanyakan adalah apa ada kemungkinan hamil? seminggu ini saya merasakan ada yang aneh pada tubuh saya.. saya merasa payudara saya berubah dan diameter puting saya melebar.. saya juga mengalami tanda-tanda sembelit.. saya sering merasa berdebar-debar.. kapan seharusnya saya testpack dok? apa itu semua hanya kekhawatiran saya?

kia,20tahun