Sunday, April 1, 2012

Kalau Lagi Bingung Sering Tiba-tiba Sakit Kepala

Dok, saya sering sakit kepala tiba-tiba, apalagi kalau lagi bingung sampai-sampai mau rebah. Kadang juga sakit kepala sebelah disertai punggung sering kram atau kaku, penyakit apa itu dok? Berbahayakah? Terimakasih.

Cepia (Perempuan Lajang, 21 Tahun), silvia.XXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 163 Cm dan Berat Badan 58 Kg

Jawaban

Ada dua kemungkinannya, yaitu migrain atau tension headache. Sayang sekali, Anda belum mendefinisikan secara detail dan lengkap, tentang sakit kepala Anda.

Dari kata kunci 'sakit kepala sebelah', bila juga kambuhan terasa berat, berdenyut, disertai mual dan muntah maka cenderung ke migrain. Migrain ini sering menyerang wanita.

Sedangkan dari kata kunci 'punggung sering kram atau kaku, maka bila hanya muncul kadang-kadang, berdenyut, disertai leher terasa kaku atau kencang, sering akibat kurang tidur, maka kecenderungannya ke arah tension headache.

Kedua jenis penyakit ini tidak berbahaya, dapat sembuh. Disarankan untuk periksakan ke dokter terdekat Anda dan jangan sembarangan minum obat sebab obat sakit kepala itu ada banyak, dan semuanya pasti ada efek sampingnya. Nah, dokter yang akan memilihkan obat yang tepat untuk Anda.

dr. Dito Anurogo

No comments: