Friday, May 4, 2012

Bisakah Leukemia Disembuhkan Tanpa Terapi Radiasi?

Dok saya mau tanya, saudaraku ada yang terkena ALL dan sudah menjalani beberapa terapi radiasi dan apakah ALL itu bisa sembuh padahal itu sudah stadium lanjut dan katanya pengobatan-pengobatan alternatif bisa menyembuhkan semua kanker walau stadium lanjut tapi kalau saya baca di buku patofisiologi ALL stadium lanjut tidak bisa disembuhkan.

Ricki (Pria Lajang, 20 tahun), rickoXXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 182 cm dan Berat Badan 68 kg

Jawaban

Untuk ALL (Acute Lymphoblastic Leukemia) stadium lanjut memang diperlukan pengobatan kombinasi karena radioterapi/radiasi saja tidaklah cukup.

Pengobatan yang dapat dilakukan antara lain selain kemoterapi/radioterapi bisa juga dengan metode pengobatan yang terbaru yaitu metode immuno therapy. Immuno therapy adalah proses pengembang biakan sel imunitas/sel antibody yang berfungsi untuk memberantas sisa sel kanker yang tidak kelihatan sekalipun.

Pengambilan darah awal 100 cc dilanjutkan dengan pengembang biakan sel membutuhkan waktu 7 hari, lalu di hari ke 8,9 dan 10 darah pasien kami suntikkan kembali ke tubuh pasien. Semoga pengobatan ini dapat memberikan harapan yang lebih kepada pasien.

Prof. Dr. Li Yuan Zhong

No comments: