Pages

Friday, May 25, 2012

Mimisan Pada Orang Dewasa

Dokter, belakangan ini saya sering mimisan seperti waktu saya masih kecil. Mimisan ini terjadi kalau cuaca panas. Saya sudah 2 kali ke dokter THT namun kedua dokter tersebut mempunyai pendapat yang berbeda. Dokter pertama bilang pembuluh darah saya tipis dan harus di patri (dibakar). Dokter yang kedua bilang tulang hidung saya bengkok jadi harus di operasi, dia bilang nggak ada hubungannnya dengan patri pembuluh darah.

Apa yang harus saya lakukan? Adakah hubungan tulang hidung bengkok dengan sering mimisan? Dan adakah cara mengatasi selain operasi?

dqs (Lajang 32 Tahuan), dqs_bae@yahoo.com


Jawaban

Mimisan memang menjadi salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan pasien. Berbagai penyebab dapat ditemukan melalui penelusuran riwayat pasien dan pemeriksaan fisik sederhana. Penyebab lokal termasuk struktur anatomi yang tidak normal dan kelainan pembuluh darah hidung dapat segera ditentukan dokter THT.

Di lain pihak, berbagai penyakit sistemik perlu juga dicari dan diobati misalnya hipertensi, penyakit hati seperti sirosis hepatis, dan berbagai gangguan sistem pembekuan darah termasuk pemakaian obat antikoagulan.

Konsultasi dengan ahli penyakit dalam pun dapat dilakukan bila perlu. Penanganan di luar operasi dapat dimulai dengan menghindari iritan (misalnya dengan berhenti merokok), kompres dengan obat dekongestan topikal, dan pemakaian obat vasokonstriktor lokal.

Dr. Ronald A. Hukom, MHSc, SpPD KHOM

No comments: