Pages

Friday, May 25, 2012

Kena Herpes Kelamin Padahal Belum Pernah Berhubungan Badan

Dok, dulu waktu umur 14 tahun saya pernah sakit Herpes Simplex di daerah labia mayora, padahal saya belum pernah berhubungan badan. Lalu saya berobat ke doker diberi obat salep dan sembuh sampai sekarang tidak pernah kambuh lagi.

Yang ingin saya tanyakan apakah penyakit saya itu berarti sudah sembuh total? Apakah Herpes Simplex di kelamin bisa muncul tanpa hubungan badan? Terimakasih.


May (Perempuan Lajang, 20 Tahun), MarXX_XXXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 150 Cm dan Berat Badan 40 Kg

Jawaban


Infeksi Herpes Simplex Virus (HSV) biasanya ditularkan melalui kontak kulit dengan kulit. Bila terjadi di area kelamin, tentu saja paling sering disebabkan oleh kontak seksual.

Yang dimaksud dengan kontak seksual tidak selalu harus melibatkan penetrasi alat kelamin laki-laki ke dalam vagina. Petting yang belakangan kerap dilakukan muda-mudi saat bercumbu tetap berpotensi menularkan HSV tersebut, baik melalui proses berciuman, oral sex maupun gesekan antar alat kelamin luar.

Secara teoritis penularan HSV melalui media lain, misalnya handuk, dudukan kloset, air kamar mandi umum tidak mungkin terjadi. Virus sangat mudah dan cepat menjadi inaktif bila berada di benda mati.

Anjuran saya untuk memastikan apakah saat itu Anda benar terkena herpes atau tidak, adalah dengan pemeriksaan laboratorium. Periksalah IgG anti HSV tpe 1 dan 2, karena IgG tetap akan terdeteksi bila kita pernah terinfeksi HSV sebelumnya.

dr. Susie Rendra, SpKK

No comments: