Pages

Saturday, May 26, 2012

Kenapa Banyak Bintik-bintik Putih di Kulit?

Dok, di daerah dada dan pergelangan tangan bagian atas saya ada bintik-bintik kecil putih. Jika kulitnya keriput akan semakin jelas terlihat gelembung kecil dan saya perhatikan semakin meluas. Saya sudah konsultasi ke dokter spesialis kulit katanya itu karena struktur kulit dan tidak bisa hilang. Adakah solusinya karena ini semakin meluas? Terimakasih.

Yudhi (Pria Lajang, 28 Tahun), ekoprasetyoyudhi@yahoo.co.id
Tinggi Badan 160 Cm dan Berat Badan 46 Kg

Jawaban

Sebenarnya agak sulit memperkirakan penyakit yang Anda derita dari penjelasan singkat yang diberikan. Banyak informasi tambahan yang diperlukan untuk mengetahui secara pasti, misalnya apakah gelembung tersebut berisi air, apakah mudah pecah ataukah bintik kulit yang menonjol.

Salah satu penyakit yang mungkin adalah liken nitidus. Pada penyakit ini terdapat bintik-bintik kecil, jumlahnya cukup banyak, lebih sering sewarna kulit, namun bisa saja sedikit kemerahan atau kecoklatan serta jarang disertai keluhan subyektif (gatal/nyeri).

Sampai saat ini penyebab pasti belum diketahui sehingga sulit untuk mengobati secara tuntas. Bisa dicoba dengan menggunakan pelembab biasa. Bila masih tak mengalami perbaikan, biasanya dokter akan memberikan krim yang mengandung kortikosteroid ringan atau krim yang bersifat keratolitik. Semoga informasi ini membantu.

dr. Susie Rendra, SpKK

2 comments:

Unknown said...

Assalamualaikum Dok...
Saya umur 21 tahun,, di daerah atas payudara, di paha dan, di tangan ada bintik putih kecil tiap bagian ada satu... tapi tidak pernah merasakan efek sampingnya. itu kenpa ya dok, saya takut itu menjadi banyak ...

trims dok

Unknown said...

dok saya asrul, saya mengalami timbul bintik merah disekitar perut bagian kanan dan belakang,, dari artikel yang sudah saya baca,,, itu termasuk penyakit cacar,, tapi saya tidak mengalami gelaja demam, sakit kepala, lemas, pegal-pegal,, saya hanya merasa panas pada bagian yang timbul bintik merah tersebut,, apakah ini memang termasuk penyakit cacar atau mungkin disebabkan karena virus lain. dan bagaimana cara penangannya

terima kasih atas jawabannya dok