Tuesday, May 1, 2012

Saya Pria, Kenapa Muncul Benjolan di Puting Susu dan Sakit?

Dok, saya pria tapi saya punya benjolan di dada sebelah kanan, tepat di puting susu. Dua tahun yang lalu benjolan masih belum terlihat hanya bisa diraba dan tidak sakit jika ditekan jari. Sekarang benjolannya sudah terlihat dan sakit jika ditekan dengan jari. Mohon penjelasan dari Dokter, penyakit apakah itu dan apa yang harus saya perbuat? Terimakasih.

Bayu (Pria Menikah, 21 Tahun), pujangga_xxx@yahoo.co.id
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 55 Kg

Jawaban:

Benjolan yang ditemukan pada payudara umumnya termasuk tumor, tetapi tumor dibagi tumor jinak misalnya kista dan tumor ganas yang dinamakan kanker.

Untuk mengetahui jenis dari tumor sebaiknya anda melakukan pemeriksaan seperti USG Mammae dan CEA153 dan hasilnya dapat dikonsultasikan dengan dokter kami.

Pada umumnya jika tumor tersebut adalah tumor jinak bisa dilakukan dengan cara pengobatan oral seperti obat herbal dan pemeriksaan rutin. Tetapi jika sudah berhubungan dengan tumor ganas atau kanker perlu ditindaklanjuti dengan pengobatan medis yang benar.

Pria memang bisa juga terkena kanker payudara meski pun kasusnya sangat jarang, yang mana gejala dan ciri-cirinya sama seperti yang dialami wanita. Jadi untuk memastikannya memang harus melalui pemeriksaan.

Apabila benjolan tsb adalah tumor jinak, maka awalnya dapat bergerak dan tidak sakit. Namun apabila sudah menempel dan sakit ditekan, maka kecenderungannya adalah benjolan merupakan tumor yang sudah merekat dengan jaringan.

Untuk jelasnya bisa USG, atau CT scan. Untuk pengobatan benjolan pada payudara, yang lebih efektif bisa melakukan local kemo, cryosurgery maupun penanaman biji partikel.

Prof. Dr. Li Yuan Zhong

No comments: