Thursday, May 10, 2012

Stres Kalau Mendengar Suara Wanita

Dear dokter, saya ingin menanyakan kondisi teman saya (laki-laki) berumur 32 (belum menikah) dimana sejak 2 bulan terakhir ini tiba-tiba menjadi stres apabila mendengar suara wanita termasuk ibunya sendiri. Sebagai info yang bersangkutan telah memiliki kekasih dimana hubungan sudah dijalankan selama 5 tahun.

Sehubungan dengan hal tersebut, saat ini dia menjadi sangat depresi. Setiap kali mendengar suara wanita bisa gemetar dan keringat dinging. Yang bersangkutan menjadi sangat depresi dan beberapa kali sempat terlintas untuk bunuh diri. Apa yang sebaiknya harus kami lakukan? Apakah ada rekomendasi dokter ahli jiwa di Jakarta? Mohon informasinya. Terimakasih.

Vine (Perempuan Lajang, 30 Tahun), lyvXX_X@yahoo.com
Tinggi Badan 150 Cm dan Berat Badan 45 Kg

Jawaban

Dear Vine, apakah temanmu memang mengalami masalah yang membuat dirinya stres? Bagaimana hubungannya selama ini dengan kekasihnya atau ibunya? Bagaimana dengan pekerjaannya selama ini? Mempunyai kekasih sudah cukup lama mengapa belum menikah juga?

Kalau hanya spesifik menjadi stres ketika mendengar suara wanita, mungkin memang mempunyai masalah dengan wanita. Kalau sudah terlintas ingin bunuh diri, tentu Vine sebagai temannya dan orang-orang yang dekat dengannya mesti lebih waspada. Apalagi temannya itu sudah menyusun rencana bagaimana caranya untuk bunuh diri. Temanmu memang sebaiknya dikonsulkan ke psikiater, bisa datang ke tempat praktik saya di RS Royal Progress, Sunter.

Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ

No comments: