Friday, June 29, 2012

Gadis yang Resah Karena Banyak Rambut di Wajah

Dok, bagaimana solusi terbaik untuk menghilangkan rambut yang tumbuh berlebih di area wajah seperti di area dagu dan di bawah hidung (kumis)? Saya selaku perempuan sangat risih karena terlihat berkumis dan berjenggot. Apa pemakaian kosmetik berpengaruh negatif atau berandil dalam bertambah suburnya pertumbuhan rambut di wajah yang tidak lazim bagi perempuan. Terimakasih atas bantuan dan kerjasamanya.

Farida (Perempuan Menikah, 27 tahun), farida.xxx@gmail.com
Tinggi Badan 163 cm dan Berat Badan 65 kg

Jawaban:

Rambut yang tumbuh berlebihan pada area dagu dan atas bibir pada seorang perempuan, memang tidak menyenangkan. Perlu dievaluasi apakah rambut berlebih tersebut sudah terjadi sejak usia muda ataukah baru-baru ini.

Bila terjadi belum lama, perlu dipikirkan kemungkinan akibat penggunaan krim perawatan yang mengandung kortikosteroid. Penggunaan krim yang mengandung kortikosteroid jangka panjang sering memicu pertumbuhan rambut berlebihan. Bila memang dipicu oleh krim, maka penghentian krim merupakan keharusan, agar hasil terapi lebih memuaskan.

Terdapat beberapa cara untuk menghilangkan unwanted hair ini. Cara yang paling mudah tentu saja menggunakan krim-krim untuk depilasi (merontokkan) rambut, yang dijual secara bebas. Pergunakan secara berhati-hati, karena seringkali menimbulkan iritasi pada area pengolesan.

Cara lain yang tersedia adalah menggunakan terapi laser atau IPL (intense pulse light) yang memiliki efek hair removal, yang banyak disedikan di klinik-klinik kulit.

dr. Susie Rendra, SpKK

1 comment:

Anonymous said...

Dokter,

pada saat seorang wanita mengendarai motor dengan helm ditambah cuaca yang terik, wajahnya akan kepanasan, mungkin juga akan menyebabkan kulit menjadi hitam. Bagaimana mengatasi agar kulit tetap terjaga saat berkendara motor dengan helm?