Tuesday, July 31, 2012

Bisakah Transplantasi Sel Agar Kulit Jadi Putih?

Dok, saya ingin seperti orang Amerika yang berambut pirang bermata biru berkulit putih. Apakah saya bisa untuk melakukan transplantasi dan penanaman sel gen kulit putih di tubuh saya? Apa yang harus saya lakukan jika menginginkan seperti itu? Berapa biaya yang dikeluarkan untuk itu? Terimakasih.

Allan (Pria Lajang, 15 Tahun), auldey_pradXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 158 Cm dan Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Sdr Allan, saat ini belum ada teknologi seperti yang Anda sebutkan untuk keperluan itu. Terdapat beberapa teknologi kedokteran untuk mengubah tampilan tubuh, namun tidak ada yang berupa gene replacement seperti yang Anda sebutkan.

Teknologi gene replacement telah dicobakan pada beberapa penyakit-penyakit genetik dengan maksud untuk menggantikan gen yang rusak dengan gen yang sehat. Namun teknologi ini ternyata banyak memiliki efek yang tidak diinginkan sehingga cenderung ditinggalkan.

Banyak juga orang-orang Amerika yang ingin terlihat seperti orang Asia Tenggara, berkulit sawo matang, bermata coklat dan berambut hitam. Sebaiknya bersyukur dengan apa yang telah diberikan Sang Pencipta untuk kita, sebab itulah tentunya yang terbaik bagi kehidupan kita.

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD

No comments: