Pages

Tuesday, July 31, 2012

Ibu Penderita ITP, Bisakah Menurun ke Anaknya?

Dok, saya penderita penyakit ITP sejak kecil sampai sekarang dan penyakit ini sering kambuh. Dengan riwayat penyakit saya itu apa bisa menurun pada anak saya? Anak saya yang pertama berusia 4 tahun dan yang kedua 7 bulan semua laki-laki. Terimakasih atas infonya.

Anita (Perempuan Menikah, 29 Tahun), tucil-gaXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 150 Cm dan Berat Badan 48 Kg

Jawaban

ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura) adalah suatu kondisi dimana jumlah platelet (trombosit) menurun. ITP menjadi masalah manakala jumlah platelet turun rendah sekali sehingga secara signifikan meningkatkan risiko perdarahan.

Istilah 'idiopathic' menunjukkan bahwa sebabnya tidak diketahui. Namun demikian, karena sebagian besar terkait dengan pembentukan antibodi yang menyerang platelet, ITP juga dapat disebut 'Immune Thrombocytopenic Purpura'.

Penyebab ITP ini masih merupakan teka-teki besar bagi para peneliti dalam bidang ini. Termasuk, jika ia terkait dengan antibodi yang menyerang platelet, apa kiranya yang menyebabkan pembentukan dan peningkatan antibodi ini. Atau, juga terdapat kemungkinan bahwa produksi platelet-nya sendiri memang rendah. Ini semua masih dalam penelitian.

Terdapat beberapa variasi genetik yang dihubungkan dengan peningkatan risiko terjadinya ITP. Demikian pula, walaupun kecil, terdapat laporan penelitian (dari Swiss, 2006) bahwa dari 466 pasien ITP, 12 diantaranya juga memiliki anggota keluarga dengan ITP. Ini menunjukkan kemungkinan bahwa faktor genetik memainkan peranan. Namun demikian, faktor genetik ini hanyalah faktor yang meningkatkan risiko, bukan faktor yang menyebabkan ITP.

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD

No comments: