Wednesday, October 24, 2012

Anak 8 Tahun Jantungnya Renggang, Apakah Harus Operasi?

Dokter saya mau tanya, anak saya umur 8 tahun anak aktif tidak mengeluh, mempunyai kelainan jantung rengang sekitar kurang lebih 3-4 milimeter. Terus kata dokter di rumah sakit harus dioperasi untuk menutup katup yang renggang. Yang jadi pertanyaan adalah apakah harus dioperasi? Selain operasi ada obatnya tidak?

Karang L (Pria Menikah, 34 Tahun), karang_XXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 175 Cm, Berat Badan 120 Kg

Jawaban:

Berdasarkan pernyataan mengenai kondisi putri Anda, kami ingin tahu pemeriksaan jantung apa yang telah dilakukan oleh putri Anda? Jika belum ada sebaiknya melakukan pemeriksaan jantung USG.

Kami masih kurang jelas paham dengan kondisi putri Anda. Apakah putri Anda merasakan kondisi tidak nyaman seperti gejala sesak napas, ketidaknyamanan pada dada di sebelah kiri, detak jantung tidak beraturan, kelelahan fisik?

Jika anak Anda mengalami kondisi badan yang tidak nyaman, sebaiknya putri Anda diajak ke dokter. Namun jika kondisi anak anda aktif dan sehat, tidak merasakan gejala yang kami sebutkan di atas sebaiknya putri Anda tidak perlu dioperasi dan tidak perlu mengonsumsi obat.

Jika masih ada pertanyaan, atau Anda ada waktu sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter kami gratis dengan catatan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya.

Profesor Xiao Mingdi

No comments: