Thursday, October 25, 2012

Lendir yang Mengganggu Aktivitas Seks

Dokter, saya mau tanya apakah kelebihan lendir bisa dihilangkan karena menganggu hubungan seks saya, padahal berbagai macam obat sudah saya coba. Apakah ada obatnya? Terimakasih.

Laura (Perempuan Menikah, 21 Tahun), Murni_laura@yahoo.co.id


Jawaban

Ada beberapa hal yang harus anda cermati tentang lendir tersebut. Lendir pada kemaluan wanita bisa terjadi karena beberapa hal. Bisa karena infeksi, bisa karena alergi, bisa karena trauma atau benda asing. Namun bisa juga kondisi normal misalnya akibat pengaruh hormonal.

Lendir yang tidak wajar biasanya berwarna, bisa bergumpal, berbau ataupun memberi keluhan gatal. Jika ada keluhan seperti ini maka sebaiknya cairan lendir tersebut diperiksa dahulu untuk memastikan penyebabnya. Tidak ada gunanya berusaha mengobati sendiri dengan berbagai macam obat, karena jika tidak tepat malah akan membawa masalah sendiri misalnya resistensi kuman.

Sebaiknya periksakan diri Anda, namun beberapa hal yang bisa Anda kerjakan sementara adalah jangan terlalu sering menggunakan pembersih kewanitaan karena dapat menyebabkan iritasi yang selanjutnya membuat lendir semakin banyak. Batasi penggunaan panty liner karena dapat meningkatkan suhu kewanitaan dan dapat membuat area di sana semakin lembab.

dr Eddy Karta SpKK

No comments: