Wednesday, February 6, 2013

Nyeri Dada Saat Jalan Jauh, Apa Itu Sakit Jantung?

Saya sering mengalami nyeri di dada ketika sedang lelah karena berjalan jauh. Apakah ada gangguan pada jantung saya? Terimakasih sebelum dan sesudahnya.

Irwan (Pria Lajang 21 Tahun)
Tinggi 172 cm dan Berat 56 kg

Jawaban:

Sebelumnya anda sudah memeriksakan diri ke dokter?

Mengenai nyeri dada memang patut kita waspadai dan kita curigai karena gejala ini mirip sekali dengan gejala penyakit jantung. Selain berasal dari jantung, penyebab nyeri dada bisa bersumber dari penyakit lain, seperti:

1. Nyeri dada yang berasal dari paru-paru (kanker paru-paru)
2. Nyeri dada yang berasal dari gangguan pencernaan (seperti maag, GERD, asam lambung meningkat, ganggaun pada pencernaan, dyspepsia)
3. Nyeri dada yang berasal dari batuk (infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus)
4. Nyeri dada yang berasal dari tulang dada atau otot dada (tulang rusuk yang patah).

Nyeri dada yang berasal dari jantung memiliki ciri nyerinya tak tertahankan seperti ada benda berat yang menimpa dada anda, seperti ditusuk-tusuk dan disertai sesak dada, jantung berdebar-debar, atau sesak napas. Selain itu, nyeri dada yang berasal dari jantung, pasien akan merasakan lelah saat beraktivitas ringan, pusing, mual, muntah dan tidak dapat tidur dengan nyenyak.

Jika Anda memiliki salah satu dari gejala penyakit jantung di atas, kami sarankan untuk cek ke dokter spesialis jantung dan melakukan tes pemeriksaan EKG, dan rontgen dada.

Demikianlah kami sampaikan, jika masih ada pertanyaan lebih lanjut mengenai kondisi dada dan jantung, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter kami. Gratis dengan membawa hasil pemeriksaan dari dokter sebelumnya.

Profesor Xiao Mingdi

No comments: