Pages

Monday, July 1, 2013

Luka Sulit Sembuh Sejak Kecil Padahal Tak Ada Riwayat Diabetes

Dokter, saya dari kecil apabila luka, lama sekali sembuh sampai berbulan-bulan. Luka saya biasanya mengeluarkan cairan putih yang menyebabkan luka tersebut makin menyebar. Sekarang usia saya sudah 25 tahun, hal tersebut sudah tidak terlalu kumat, tapi sekali-kali masih mau timbul dari bekas luka yang gatal kembali. Oh ya Dokter, saya sudah telusuri bahwa di keluarga saya tidak ada yang memiliki riwayat dibetes melitus. Mohon penjelasannya. Terimakasih

Lisa (Perempuan menikah, 25 tahun)
kasferiaXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 156 cm, berat badan 48 kg

Jawaban

Salam Lisa,

Luka yang sulit sembuh dapat dipengaruhi bermacam-macam faktor seperti jenis luka, dan penanganannya. Dari penuturan Lisa bahwa luka kemudian gatal dan mengeluarkan cairan 'putih' maka saya memperkirakan Lisa menderita dermatitis numularis. Penyakit ini dicetuskan oleh luka yang kemudian berkembang menjadi radang kulit dengan mengeluarkan cairan serum yang bening dan agak lengket. Penyakit ini tidak berhubungan dengan diabetes melitus atau kencing manis. Penanganan luka menjadi sangat penting untuk Lisa, dengan tidak menggaruk.

dr. Eddy Karta, SpKK

1 comment:

Anonymous said...

Selamat Siang, dok..
Ma'af dok sebelumnya saya belum tahu cara mempost konsultasi, jadi saya post dsini saja.
Saya mau tanya, dok. apakah jika berhubunan intim menggunakan kondom akan menghilangkan keperjakaan pria?
Mohon balasannya, dok & Terimakasih..

Agung. 27 Tahun (Menikah)
170 cm-69 kg