Pages

Wednesday, October 23, 2013

Timbul Bintik Putih Seperti Kutil di Sekitar Kelamin

Maaf sebelumnya Dok. Saya mau tanya, di batang penis, buah zakar dan kepala penis kok ada bintik putih seperti jerawat, namun tak berair dan tidak gatal, bisa dikatakan seperti kutil. Adakah obat yang bisa menghilangkan bintik putih tersebut? Dalam beberapa hari bertambah 1 atau 2 bintiknya. Mohon petunjuknya Dok. Terimakasih.

Mahesa Teguh (Pria lajang, 30 tahun)
kinko_XXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 173 cm, berat badan 57 kg

Jawaban

Salam Mahesa,

Bintik-bintik putih pada area yang disebutkan tadi adalah minyak kulit atau yang biasa disebut sebagai sebum yang terdapat dalam kelenjar sebum. Hal ini dapat terjadi karena kulit daerah kemaluan menyerupai kulit wajah dengan produksi kelenjar minyak. Hal ini merupakan variasi normal saja.

Pengobatan yang bertujuan untuk menghilangkan bintil putih yang merupakan kelenjar minyak dapat dilakukan dengan cara destruktif. Namun karena hal ini akan merusak kulit sedangkan bintik tersebut bukan penyakit, tidak disarankan melakukan pengobatan tersebut.

dr. Eddy Karta, SpKK

1 comment:

iann said...

maaf dok... di kepala penis saya tepatnya di pinggiran kepala penis saya terdapat bintil-bintil kecil yang mengelilingi lingkaran kepala penis saya. bintil kecil itu tidak sakit ataupun gatal. bintil kecil itu ada ketika saya berumur 15 tahun dan sekarang saya berumur 18 tahun. saya belum pernah berhubungan seks. apakah bintil kecil itu berbahaya atau tidak?