Sunday, November 3, 2013

Senang 'Kuda-kudaan', Apakah Ini Masturbasi Pada Anak?

Ada yang ingin saya tanyakan. Saya mempunyai keponakan berusia 4 tahun, tapi dia suka melakukan hal-hal yang disebutnya 'kuda-kudaan' yang seakan-akan ada kepuasan tersendiri saat melakukan itu, dan dia melakukannya sejak usia 2 tahun. Kadang dia menggunakan guling dan kadang paha siapapun yang sedang duduk dibangku. Apakah ini bisa disebut masturbasi pada anak-anak? Bagaimana cara mengatasinya? Karena ini sudah mulai menggangu, kami takut kalau ini akan berlanjut sampai dia dewasa. Terimakasih.

Maya (Wanita lajang, 21 tahun)
echyeXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 155 cm, berat badan 40 kg

Jawaban

Halo Mbak Maya,

Kebiasaan yang dilakukan oleh keponakan Anda kemungkinan bisa disebut sebagai masturbasi pada anak-anak jika dilakukan secara berulang dan ia menikmati sehingga ingin selalu melakukannya. Anda tidak memberi informasi mengenai jenis kelamin keponakan Anda. Namun kemungkinan besar perempuan ya?

Usia keponakan Anda saat pertama kali melakukan hal tersebut adalah kategori usia eksplorasi alat genital dan biasanya anak-anak akan memegang alat kelamin dan ketika menemukan sensasi dari perabaan tersebut maka mereka akan mengulanginya. Hal yang perlu dilakukan adalah mengalihkan aktivitas tersebut dan tidak secara langsung menegur apa yang ia lakukan.

Pengertian dan pemahaman dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan seksual yang sesuai dengan usianya saat ini. Bisa melalui gambar atau cerita yang menceritakan tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan disertai dengan akibatnya. Mengingat usianya yang masih 4 tahun, buku cerita bergambar yang dipilih boleh disesuaikan dengan usianya agar lebih mudah dipahami.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: