Sunday, December 22, 2013

Mengatasi Anak yang Lama Beradaptasi di Sekolah Barunya

Bagaimana mengatasi anak yang susah menyesuaikan diri di sekolah (lama adaptasinya)? Jadi anak saya ini suka menyendiri di sekolahnya, tak mau main sama teman-temannya, padahal masuk sekolahnya sudah hampir 6 bulan. Terimakasih infonya.

Hanny (Perempuan menikah, 29 tahun)
hanny_XXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 150 cm, berat badan 45 kg

Jawaban

Dear Ibu Hanny,

Perlu untuk diketahui bahwa setiap anak memiliki kecepatan yang berbeda-beda dalam hal adaptasi di lingkungan dan menciptakan interaksi dengan teman sebaya atau dengan orang-orang dewasa lain di sekitarnya. Bila dilihat dari informasi yang Ibu berikan mengenai anak Ibu, kemungkinan besar anak Ibu masuk kedalam tipe slow to warm up atau membutuhkan waktu dalam beradaptasi dan berinteraksi.

Hal yang dapat dilakukan oleh orangtua adalah bukan memerintahkan kepada anak secara langsung untuk berteman, tetapi memberikan waktu kepada dia untuk mengenal lingkungannya dan orang-orang yang ada di lingkungannya terlebih dahulu. Misalnya dengan mengantar ke sekolah lebih awal 30 menit dari jam masuk.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah membacakan buku cerita yang berisikan situasi pertemanan dan bagaimana cara menjalin pertemanan. Hal ini dapat dilakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur.

Namun, ada beberapa hal yang dapat menjadi perhatian orangtua yaitu mengenai bahasa pengantar yang digunakan di sekolah tersebut apakah memang bahasa yang ia kuasai atau tidak? Karena terkadang bahasa menjadi kendala bagi anak untuk berinteraksi dengan lingkungan sehingga Ibu perlu memperhatikan mengenai hal ini juga ya.

Selamat mencoba.

Ratih Zulhaqqi, M.Psi

No comments: