Pages

Friday, December 20, 2013

Anak Alergi Obat, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Dok, anak saya alergi terhadap obat-obatan, setiap kali minta obat resep dokter, selalu matanya bengkak. Sudah ganti obat yang lain tetapi masih tetap alergi. Apa yang harus saya lakukan dok? Apakah ada obat meringankan alergi anak saya, umur anak saya 3,5 tahun. Terimakasih dok.

Nila (Perempuan Menikah, 30 Tahun), nilaXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 165 Cm, Berat Badan 44 Kg

Jawaban

Alergi obat merupakan hal yang dapat terjadi pada semua anak. Yang perlu orangtua perhatikan selain merek obat juga kandungan obatnya, karena bisa saja merek berbeda tetapi kandungan obatnya sama.

Pencatatan jenis dan merek obat adalah hal yang paling tepat dilakukan orangtua, dan apabila berobat ke dokter jangan lupa untuk memberitahukan alergi obat apa saja yang pernah dialami.

Penatalaksanaan alergi baik obat maupun makanan tergantung dari reaksi alergi yang terjadi, bisa ringan (gatal-gatal, merah di kulit, bentol-bentol) hingga berat (syok, sulit bernapas). Untuk hal ini disarankan orangtua agar segera membawa anaknya ke dokter terdekat, dan terpenting ibu mencatat setiap makananan atau kandungan obat pencetus alergi pada anak.

Dr Aditya Suryansyah SpA

No comments: