Pages

Wednesday, December 18, 2013

Mengatasi Gigi Ngilu karena Susunannya Tak Rata dan Bertumpuk

Dok gigi saya tidak rata dan ada gigi susu berlebih yang tertumpuk, gigi ini sering ngilu dan goyang. Saya ke dokter dalam kondisi tidak ngilu, disarankan pasang behel saja.

Kemudian oleh dokter gigi yang bertumpuk dicoba dicabut satu. Mungkin ada yang terkait atau apa saya kurang tahu, tetapi gigi saya susah dicabut dan meskipun sudah dibuka sedikit gusinya ahirnya tidak jadi dicabut. Kemudian dokter saya menyarankan untuk ronsen dulu.

Saya belum berani kembali ke dokter lagi karena gigi saya masih ngilu sekali sampai 1 minggu. Kenapa demikian Dok, sebaiknya apa yang dilakukan?

Hamida (Wanita lajang, 28 tahun)
akane_XXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 155 cm, berat badan 39 kg

Jawaban

Gigi susu di masa dewasa adalah tidak lazim. Bila bertumpuk dan goyang maka gigi tersebut harus dicabut. Kesulitan dalam mencabut gigi bertumpuk mungkin diakibatkan terjadinya hipersementosis (penebalan) di sekitar akar gigi karenanya dokter gigi Anda menyarankan untuk dilakukan rontgen foto gigi tersebut terlebih dulu.

Untuk gigi bertumpuk maka dapat dilakukan perawatan meratakan gigi segera berkonsultasilah dengan dokter gigi spesialis ortodonsia (spesialis meratakan gigi).

Prof Dr Lindawati S. Kusdhany, drg., Sp.Pros(K)

No comments: