Pages

Tuesday, December 17, 2013

Testis Sebelah Kiri Kurang Terlihat dan Sulit Diraba, Apakah Normal?

Dok saya ingin menanyakan tentang testis. Saya baca di internet dan di berbagai media, testis sebalah kiri seharusnya berada lebih ke bawah dibandingkan testis sebelah kanan. Sedangkan testis sebelah kiri saya berada di atas testis sebelah kanan, sehingga testis saya sebelah kiri jadi kurang kelihatan dan jadi lebih sulit untuk diraba. Selain itu tidak ada keluhan lain.

1. Apakah ini normal?
2. Apakah ini berbahaya untuk kesehatan reproduksi saya?
3. Jika iya, apa yang harus saya lakukan?

Sena (Pria lajang, 23 tahun), sennaXXXXX@yahoo.com
Tinggi badan 166 cm dan berat badan 65 kg

Jawaban


Letak testis (buah zakar) kiri lebih ke bawah atau lebih ke atas dibandingkan dengan testis kanan ditentukan oleh faktor genetis (bawaan). Jelasnya, testis dianggap normal selama tidak ada keluhan nyeri serta kualitas spermanya (jumlah, bentuk, pergerakannya) dalam batas normal. Dengan demikian, testis Anda terkesan normal, jadi Anda tidak usah risau.

Dr. Andri Wanananda MS

No comments: