Pages

Wednesday, March 19, 2014

Bisakah Mata Silinder Disembuhkan?

Dok, mata saya yang kanan minus 4,5 dengan silinder 2 dan mata kiri minus 4 dengan silinder 1. Pekerjaan saya tiap hari berhadapan dengan komputer. Sebelumnya minus saya yang kanan 4 silinder 1 dan yang kiri minus 3 silinder 0,5. Apa yang harus saya lakukan dengan mata saya agar minus dan silinder tidak bertambah terus? Bisakah mata silinder sembuh? Terimakasih.

Yuli (Perempuan Menikah, 27 Tahun), yulifs@ymail.com
Tinggi Badan 150 Cm dan Berat Badan 56 Kg

Jawaban

Apakah pengukuran kaca mata dilakukan rutin setiap tahun? Karena untuk usia 27 tahun seharusnya ukuran kaca mata sudah relatif stabil. Untuk minus dan silinder memang sangat sulit berkurang dan jika ukurannya stabil sudah dianggap baik.

Mata silinder itu karena fokus pada retina tidak pada satu titik. Penyebabnya bisa akibat kebiasaan membaca yang salah seperti sambil tiduran dan kurang vitamin A.

Sementara untuk mengurangi bertambahnya ukuran minus sebaiknya jika bekerja di depan komputer, istirahatkan mata setiap 10 menit maka setiap setengah jam.

dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M

No comments: