Saturday, September 6, 2014

Anak Tak Mau Makan Nasi Tapi Suka Ngemil, Bagaimana Mengatasinya?

Dok saya mau tanya, anak saya 2 tahun 7 bulan (berat 16 kg), tidak mau makan nasi, bubur pun tidak mau. Sehari minum susu 5-6 kali. Anaknya lincah dan tidak hiperaktif.

Saya kebingungan, kenapa dia tidak mau makan? Tetapi dia mau makan crackers, cemilan yang dipotong kecil, tidak suka makanan yang lembek. Buah-buahan pun tidak mau, kecuali di jus.

Kenapa ya Dok? Apakah masalah kebiasaan atau ada gangguan. Dulu umur 6 bulan, kami sudah perkenalkan ke bubur bayi, tetapi ada waktu dia setelah sembuh dari sakit, sudah tidak mau makan lagi. Mohon bantuannya. Terimakasih

Junaedi (Laki-laki menikah, 32 tahun), junaediXXX@ymail.com. Tinggi badan 182 cm, berat badan 92 kg

Jawaban

Makan itu suatu kebiasaan, jadi perlu latihan. Seorang anak belajar makan secara bertahap dan dilatih berulang. Seorang anak memulai makanan yang baru, tentu membutuhkan adaptasi. Dan pada usia diatas 2 tahun, anak sudah harus makan yang padat.

Takaran setiap makan tidak harus banyak, tidak harus satu mangkok nasi, tetapi berulang, agar anak belajar mengunyah. Pemberian susu atau makanan ringan sebelum atau saat waktu makan utama (nasi) membuat anak tidak mau makan (padat) karena sudah kenyang terlebih dahulu.

Jika melihat anak usia 2 tahun 7 bulan dengan berat badan 16 kg adalah gizi yang bagus. Jadi tidak ada masalah dengan pencernakan, hanya masalah pola makan saja. Semoga berhasil.

Dr Aditya Suryansyah SpA

No comments: