Thursday, September 4, 2014

Khawatir Payudara Anak Lebih Besar Dari Ibunya

Dok, saya ingin menanyakan perkembangan seksual anak perempuan saya yang usianya 14 tahun (kelas 2 SMP) dengan tinggi 160 cm dan 60 kg. Dia memiliki payudara yang menurut saya besar sekali dan jauh melebihi ibu serta neneknya yang justru cenderung kecil. Tingkah lakunya masih kekanak-kanakan tapi agak tomboi dan sangat aktif berolahraga (berenang, basket, taekwondo). Tapi saya khawatir nantinya dia diganggu oleh laki-laki karena penampilannya yang sudah seperti mahasiswi (remaja dewasa). Apakah ada sesuatu yang salah dengan anak perempuan saya? Apakah payudaranya akan terus membesar mengingat usianya masih muda? Terimakasih.

Asgar Tea (Pria Menikah, 45 Tahun), asgartXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 160 Cm, Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Pada usia tersebut anak Bapak sudah remaja dan hormon pertumbuhan serta hormon seksualnya berkembang dengan cepat. Saat itu gairah makan relatif lebih banyak, sehingga anak akan menjadi lebih besar (bongsor).

Tumbuhnya tanda seksual sekunder, seperti payudara yang besar, rambut ketiak dan kemaluan menambah bentuk tubuh anak menjadi lebih 'berbentuk'. Pada anak perempuan yang berusia 14 tahun disertai timbulnya menstruasi yang menunjukkan dia sudah menjadi dewasa muda (remaja).

Selain dipengaruhi oleh faktor genetik, besarnya ukuran payudara perempuan juga didukung oleh berat badan. Sehingga ukuran payudara pada remaja yang bongsor relatif menajdi lebih besar.

Usia 14 tahun dengan tinggi badan 160 cm dan berat 60 kg, relatif tinggi dan besar di banding usia teman temannya. Sebaiknya diperlukan pengurangan berat badan agar sesuai dengan tingginya dan memberikan nasehat mengenai cara berpakainan agar penampilannya menajdi lebih baik.

Dr Aditya Suryansyah SpA

No comments: