Tuesday, September 2, 2014

Adakah Efek Negatif Multivitamin untuk Anak?

Dok, mengonsumsi multivitamin anak dalam jangka panjang dengan tujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, perkembangan otak dan nafsu makan, apakah ada efek negatifnya?

Anak saya usia 3 tahun 4 bulan susah makan dan sudah diusahakan minum vitamin tapi belum menunjukan nafsu makannya meningkat, sehingga badannya kecil. Namun alhamdulillah sehat dan aktif. Bagaimana caranya agar anak saya nafsu makannya meningkat? Apakah dengan perkembangan usianya badannya akan tumbuh sehat? Terimakasih dok.

Ida (Perempuan Menikah, 29 Tahun), marginorXXXX@gmail.com,
Tinggi Badan 158 Cm, Berat Badan 45 Kg

Jawaban

Multivitamin yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu panjang tidak akan menimbulkan efek samping asalkan masih dalam dosis yang dianjurkan. Nafsu makan yang meningkat bukan bersumber dari bagusnya multivitamin yang anak ibu minum. Namun pola makan sehari yang baik dan sesuai kebutuhan menurut usia adalah tatalaksana yang tepat untuk anak.

Sayang sekali ibu tidak mencantumkan jenis kelamin, berat badan dan tinggi badan anak ibu sehingga tidak bisa ditentukan apakah gizi anak ibu termasuk cukup atau kurang.

Sulitnya makan pada anak umumnya karena kebiasaan ‘ngemil’ diluar jam makan sehingga pada saat jam makan anak sudah kenyang dengan cemilan yang menyebabkan asupan nutrisi sehari-hari masih kurang.

Dr Aditya Suryansyah SpA

No comments: