Monday, September 1, 2014

Balita 3,5 Tahun Tak Lagi Bisa Bicara & Duduk Setelah Terjatuh

Dok, saya punya keponakan perempuan umur 3,5 tahun. Saat ulang tahunnya yang ke-2, dia jatuh dari kursi, tidak ada luka apa-apa cuma gigi depannya patah, sudah cek ke dokter dan tidak terjadi masalah apa-apa. Cuma beberapa bulan setelah jatuh yang pada awalnya bisa bicara dan bisa duduk, semua hilang Dok.

Beberapa rumah sakit sudah kami datangi semenjak ia jatuh tapi semua dokter bilang normal sementara pada kenyataannya kondisi keponakan saya sekarang hanya bisa berbaring dan menangis saja, memang sebelum jatuh pun semuanya bisa dan jalannya agak lambat.

Sudah melakukan terapi tapi hanya membuat lehernya menjadi lemas dan tidak bisa tegap seperti normalnya lagi, sudah EEG, rontgen tulang ekor dan belakang, semua hasilnya normal.

Kami bingung Dok harus dengan cara apa lagi sampai-sampai kami berobat ke alternatif tapi tetap belum ada perubahan. Tolong Dok apakah ada saran apa yang harus kami lakukan? Sebenarnya apa yang terjadi dengan keponakan saya ini karena saya tidak tega melihatnya yang dulu ia bisa bicara, duduk, sekarang tidak bisa apa-apa selain menangis, makan saja harus diblender karena tidak bisa mengunyah? Tolong dijawab ya Dok, terimakasih.

Firda (Perempuan, 19 Tahun), rizdhaXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 160 Cm, Berat Badan 50 Kg

Jawaban

Ketidakmampuan atau hilangnya kemampuan motorik yang didapat dari seorang anak baik itu sifatnya hanya sementara atau menetap, perlu dilakukan pemeriksaan yang cukup lengkap.

Dari pemeriksaan yang sudah dilakukan pada keponakan Anda, ada pemeriksaan yang belum dilakukan yaitu pemeriksaan EMG yang akan melihat hantaran listrik dari saraf yang mempersarafi otot.

Saran saya, lebih baik keponakan Anda dibawa ke Ahli Neurologi Anak.

Dr Aditya Suryansyah SpA

No comments: