Monday, September 1, 2014

Cara Mengecilkan Paha dan Betis yang Membesar Setelah Diet

Saya ingin berkonsultasi mengenai kelebihan berat badan. Berat saya 72 kg dan tinggi 162. Dengan berat badan saya yang segitu menumpuk pada bagian paha dan betis saja, bagian perut ke atas tidak terlihat gemuk. Saya telah melakukan diet sehat tetapi yang mengecil hanya bagian tubuh perut ke atas sedangkan bagian paha dan betis tidak mengecil malah bertambah besar seperti buah pir yang besar pada bagian bawah saja. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengecilkannya?

Ayu (Wanita lajang, 18 tahun)
babahoho22@gmail.com
Tinggi badan 162 cm, berat badan 72 kg

Jawaban

Halo Ayu,

Bentuk badan kamu adalah pear shape dan bentuk badan ini beruntung karena lemak yang menumpuk pada bokong dan paha (passive fat) tidak dihubungkan dengan meningkatnya resiko sakit jantung dan diabetes. Bentuk badan apel (besar di perut) justru dihubungkan dengan tingginya resiko sakit jantung dan diabetes.

Cara terjitu untuk mengontrol penumpukan lemak adalah dengan mengonsumsi makanan rendah lemak. Jadi untuk kamu sebaiknya mengikuti diet low fat, high protein dan high complex carbohydrate. Pilihlah makanan seperti beras merah, polong-polongan, kacang-kacangan (kacang merah, chickpeas, lentil), sumber protein rendah lemak (ikan, ayam, susu low fat, telur, daging tanpa lemak/kulit).

Sebaiknya diet tersebut digabungkan pula dengan olahraga kardio seperti berlari atau bersepeda yang menggunakan otot bokong dan paha sehingga metabolisme, aliran darah dan pembakaran lemak di daerah tersebut lancar.

Leona Victoria Djajadi MND

No comments: