Saturday, September 13, 2014

Benarkah Penggunaan Kondom Bisa Picu Kanker Serviks pada Wanita?

Saya pernah membaca artikel bahwa kondom dapat membahayakan serviks wanita, disebutkan bahwa akan meningkatkan potensi kanker serviks pada wanita. Yang saya tanyakan apakah benar penggunaan kondom dapat memicu kanker serviks? Terimakasih.

Lycris (Wanita lajang, 23 tahun)
christy.lyne.9220@gmail.com
Tinggi badan 160, berat badan 52 kg

Jawaban

Halo Lycris,

Memang banyak rumor di internet yang menyatakan kondom menyebabkan kanker serviks. Pernyataan itu sepenuhnya salah. Sebanyak 99,7% kanker serviks yang terjadi akibat dari infeksi HPV (Human Papilloma Virus). Justru pemakaian kondom dapat menurunkan terjadinya infeksi HPV. Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua yang terkena HPV menjadi kanker serviks, kenyataannya hanya dalam jumlah yang sangat kecil HPV berubah menjadi kanker serviks.


Selain HPV dibutuhkan faktor lain untuk mempermudah infeksi dan duplikasi virus HPV dalam sel serviks, seperti merokok, paparan seks di usia sangat muda, banyak anak, sering berganti pasangan dan penyakit menular seksual. Pemakaian kondom selain menurunkan terjadinya infeksi juga menurunkan terjadinya infeksi menular seksual, sehingga secara keseluruhan, kondom justru akan menurunkan terjadinya kanker serviks.

Semoga bermanfaat.

dr. Hari Nugroho, SpOG

1 comment:

D'an bratayuda said...
This comment has been removed by the author.