Pages

Friday, September 12, 2014

Kepala Terasa Pusing dan Mual Setelah Berenang, Mengapa?

Dok, saya laki-laki berusia 26 tahun, saya sebenarnya sangat suka dengan olahraga renang, tapi setiap kali habis berenang pasti kepala saya terasa pusing dan perut saya mual sehingga saya harus rebahan beberapa waktu setiap kali habis berenang untuk menghilangkan rasa pusing dan mual saya. Terimakasih atas penjelasannya.

David (Pria lajang, 26 tahun)
daryyantoXXXXXX@rocketmail.com
Tinggi badan 170 cm, berat badan 60 kg

Jawaban

Dear saudara David yang dimuliakan di dalam kasih Allah, terimakasih atas kepercayaannya kepada kami. Langsung saja kita menuju ke pokok permasalahan, ya.

Dari penjelasan singkat di atas, kami menemukan petunjuk kunci: pusing dan mual setelah berenang. Sayang sekali belum dikemukakan sudah berapa lama, apakah pusing berputar/berdenyut, apakah disertai muntah, apakah ada riwayat penyakit/gangguan, apakah ada alergi obat tertentu, dsb.

Pusing terjadi karena ada gangguan di kepala, termasuk gangguan keseimbangan, neurotransmiter, persarafan, hormonal, sirkulasi, dsb. Cobalah untuk mengukur tekanan darah dan kadar hemoglobin beberapa saat setelah berenang.

Mual terjadi akibat ada gangguan homeostasis di saluran pencernaan, termasuk gangguan asam lambung. Gangguan psikologis dan stres bisa juga menyebabkan mual.

Solusi praktisnya: berdoa sebelum dan setelah berenang, lakukan gerakan pemanasan dan pendinginan setelah berenang (berolahraga ringan, misal: lari-lari, joging, dsb), minum dan makan secukupnya sebelum berenang, hindari terpapar sinar matahari langsung saat berenang, minumlah air putih dan makanlah buah seusai berenang, lakukan meditasi pernapasan sebelum dan sesudah berenang.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu.

Dito Anurogo

No comments: