Pages

Wednesday, June 24, 2015

Sering Beser, Ada Apa dengan Kandung Kemih Saya?

Dokter, sudah 2 tahun ini saya menderita infeksi saluran kencing. Saya sudah berkali-kali konsultasi ke dokter. Di awal terkena saya sempat tidak tahu penyakit yang saya derita sehingga saya pijatkan ke tukang pijat. Pikir saya waktu itu barangkali kandungan saya turun. Tapi malah memperparah sakit saya kini kencing saya sudah tidak terasa panas dan sakit lagi.

Masalahnya saya masih terus beser bahkan di waktu malam, sehingga berat badan saya turun drastis. Bagaimana ya dok supaya saya tidak beser? Oh ya dok, kenapa saya tiap minum obat dokter saya sering mengalami demam tinggi? Selain itu terkadang saat saya kencing suka keluar seperti gumpalan tepung, apa itu dok? Demikian pertanyaan saya, saya tunggu jawabannya. Terimakasih.

Farida A (Perempuan Menikah, 32 Tahun), faridaXXXXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 163 Cm, Berat Badan 38 Kg

Jawaban

Dari keterangan Ibu, kuat diduga ada persoalan di kandung kemih. Kondisi ini bisa karena infeksi dan penyebab lainnya sehingga diperlukan konsultasi ke urologi dan kemungkinan perlu pemeriksaan untuk menentukan penyakit Ibu.

Kandung kemih adalah organ tubuh yang berfungsi mengumpulkan air kencing atau urine yang dikeluarkan oleh ginjal sebelum dibuang. Urine ini akan masuk ke kandung kemih lewat ureter.

Sedangkan infeksi yang terjadi pada saluran kemih memang umum atau sering terjadi. Infeksi ini bisa muncul di saluran ginjal (ureter), kandung kemih atau saluran kencing bagian dalam (uretra).

Jika penyebabnya adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli (E. coli) umumnya diberikan antibiotik dan segera periksakan ke dokter untuk mendapat pengobatan lebih lanjut.

Dr. Patriot Muslim Sp.U

No comments: