Friday, September 4, 2015

Urine Berwarna Kuning Akibat Kelelahan Kerja, Bagaimana Solusinya?

Setahun belakangan ini, apabila kecapekan kerja, air seni jadi kuning dan berlangsung berhari-hari, pinggang pun nyeri sewaktu bangun pagi. Selain itu perut juga kembung terasa sesak bahkan konsentrasi terganggu. Mohon solusinya. Terimakasih.

Junedi (Pria)
juXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi 172 cm, berat 68 kg

Jawaban

Solusinya sederhana: berpola hidup sehat dan seimbang. Caranya mudah: perbanyak minum air bening (minimal delapan gelas per hari), rutin berolahraga minimal 30 menit setiap pagi (kalau tidak sempat, maka carilah tempat parkir yang agak jauh dari kantor agar dapat berjalan kaki), makan-tidur-bangun secara teratur dan tidak berlebihan. Misalnya: tidak makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.

Lakukanlah aturan emas '10 Menit', yakni dengan memilih untuk melakukan minimal satu dari beberapa aktvitas yang menyenangkan berikut ini, selama minimal 10 menit:
1. istirahatkanlah pikiran dengan mendengarkan musik yang disukai,
2. bersantai sejenak dengan sahabat,
3. berkebun (misalnya: menanam bibit tanaman obat, menyirami tanaman, dsb),
4. berbagi cerita dengan keluarga atau rekan
5. manjakanlah diri sendiri untuk tidak melakukan apapun, dengan kata lain, benar-benar rileks,
6. luangkanlah waktu untuk membaca kitab suci atau bacaan apapun,
7. milikilah buku harian dan biasakanlah setiap sebelum tidur menuliskan apa yang akan telah dan akan dilakukan,
8. maksimalkan potensi atau hobi yang selama ini belum tergali atau dilakukan.
9. luangkanlah waktu untuk mensyukuri semua nikmat yang diberikan Allah, hindari berkeluh kesah. Jadikan dan hadirkan Allah ada selalu di dalam kehidupan Anda.
10. setiap saat bangun tidur, ucapkanlah syukur, teriakkan kata 'SEMANGAT' sambil mengepalkan tangan ke atas. Bayangkanlah berbagai keajaiban akan datang menghampiri Anda.

Di samping itu, boleh juga melakukan saran berikut ini:
1. luangkanlah waktu, sesekali bersama sahabat, tetangga, atau keluarga, untuk berbagi bersama mereka yang memerlukan (misal: berkunjung ke panti asuhan, panti jompo, bakti sosial, dsb)
2. luangkan waktu sehari dalam seminggu untuk rekreasi bersama teman atau keluarga ke alam bebas untuk menyegarkan pikiran.

Silakan melakukan saran saya di atas minimal selama satu bulan. Lalu, rasakanlah 'berjuta keajaiban' yang akan Bapak alami. Insya Allah.

Salam sehat dan sukses selalu.

dr. Dito Anurogo

No comments: