Pages

Friday, September 4, 2015

Suami Mau Mandiri Tapi Istri Masih Ingin Tinggal dengan Orang Tua

Salam kenal Mbak, langsung saja ya. Saya sampai saat ini masih tinggal di rumah orang tua istri tapi saya jujur merasa tidak nyaman. Saya sudah 3 tahun menikah dan belum punya anak. Saya mau ajak istri pindah, tapi mertua saya hanya tinggal berdua karena istri saya memang anak tunggal. Saya harus bagaimana ya Mbak?

Yudhi (Pria, 34 tahun)
yudhiXXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi 166 cm, berat 61 kg

Jawaban

Halo Pak Yudhi,

Memang agak sulit ya keadaannya. Di satu sisi sudah seharusnya Anda tinggal berdua istri untuk membangun keluarga baru. Namun di sisi lain, bisa jadi istri merasa khawatir kalau harus meninggalkan orang tuanya sendirian di rumah.

Anda bisa mendiskusikan keadaan ini dengan istri. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti misalnya mencari rumah di dekat orang tua atau kunjungan rutin. Semuanya harus Anda diskusikan dulu dengan istri, untuk mencari jalan yang terbaik.

Diskusikan juga alasan mengapa istri masih ingin berada di rumah. Apakah ia khawatir dengan keadaan orang tuanya atau ia masih takut untuk mandiri? Karena kalau kita tahu alasan yang sebenarnya maka kita juga dapat mencari penyelesaian terbaik.

Yang penting, saat berdiskusi, lakukanlah dengan baik-baik. Cari kalimat-kalimat yang positif agar masing-masing tidak merasa terintimidasi dan diskusi pun dapat berjalan dengan lancar. Semoga mendapat penyelesaian terbaik ya Pak.

Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd

No comments: