Pages

Tuesday, April 8, 2008

Masalah dengan mulut

Dok, saya ada masalah dengan mulut saya tepatnya di lapisan pipi kiri bagian dalam (maaf, saya tidak tahu istilah/namanya). Di lapisan pipi bagian dalam tumbuh bintik-bintik putih/kuning & kalau diraba dengan lidah terasa kasar tetapi tidak sakit seperti sariawan. Saya sudah ke dokter penyakit dalam katanya itu adalah salah satu jenis sariawan & dikasih obat kumur bactidol & obat oles mycostatin(?) tetapi sudah +/- 1 bulan tidak sembuh juga malah tambah menyebar ke lapisan pipi kanan bagian dalam.
Saya takut apakah ini adalah gejala kanker, apa yang harus saya perbuat.
Umur saya 35 th. Mohon saran & terima kasih.

Jawaban drg Lika :

Mengenai bintik-bintik tersebut, saya tidak bisa menentukan dengan pasti apa jenis penyakit tersebut, karena
untuk memastikannya harus dilihat langsung (dibantu dengan pemeriksaan klinis mulut) yang sangat teliti.
Namun bila saya baca email Ibu, obat yang diberikan (salep mycostatin) adalah salep untuk jamur, namun biasanya kalau penyebabnya jamur sering ada rasa gatal atau panas pada daerah tersebut. Dan akan segera hilang dengan salep anti jamur tersebut. Jadi saya rasa mungkin ada penyebab lainnya. Atau mungkin juga ada yang disebut sebagai 'fordice granul'.. gambarannya mirip dengan yang Ibu gambarkan, namun fordice granul ini bukanlah suatu penyakit, tapi merupakan suatu lesi normal di dalam rongga mulut yang kadang muncul.
Saya anjurkan Ibu segera pergi berkonsultasi/berobat ke dokter gigi spesialis penyakit mulut, dimana mereka memang ahli dalam masalah yang Ibu alami ini. Semakin cepat diobati semakin baik. Namun jangan khawatir dulu dengan menyangka ini adalah kanker. Sebagai tambahan beberapa jenis sariawan timbulnya sering dipengaruhi karena stress. Jadi nasehat saya, jauhi stress ya...

No comments: