Pages

Tuesday, April 8, 2008

Tambalan amalgam

Saya pernah ditambal kira-kira 3 tahun yang lalu. Nah, sekarang tambalan amalgamnya itu pecah sebagian (kayaknya tertelan deh) lalu kalo saya tambal lagi langsung pake tambalan yang putih (sewarna gigi) Kata temen saya istilahnya 'Fuji IX / Fuji II' apakah akan awet atau harus dibongkar dan ganti amalgam lagi ? Tidkkah akan berpengaruh pada kesehatan pulpa saya atau efek arus galvanis dalam mulut saya ? (saya punya
beberapa tambalan gigi)

Jawaban drg.Lika :

Terima kasih atas email nya ya...
Saya langsung aja coba jawab pertanyaan nya nih.. Mengenai tambalan GIC nya, bila keadaannnya masih baik
(tidak bocor, tidak ada keluhan dan tidak mengganggu gigi tetangga) sebaiknya dipertahankan aja. Memang sih bila lubang gigi nya besar/luas sebaiknya pake tambalan amalgam,karena kekuatannya menahan tekanan kunyah lebih kuat dari pada GIC, namun bila lubangnya engga terlalu besar, cukup dengan GIC aja.
Mengenai arus galvanik, selama kondisi tambalannya baik, tidak apa-2. Biasanya pengaruh arus galvanik itu pada dua tambalan logam yang berbeda jenis.

No comments: