Pages

Saturday, May 10, 2008

Merasa sakit di gigi bagian belakang

Bu dokter yang terhormat,langsung saja kepermasalahan yang saya hadapi.
Saya sering merasa sakit di gigi bagian belakang atas khususnya..dan bagian depanyang terkadang ngilu.itu terjadi kalau kondisi badan sedang tidak fit .terakhir sakit gigi yang saya rasakan berdampak pada hidung...karena setelah flu saya mengalami batuk yang kemudian ada cairan yang mengalir pada bagian tengah hidung saya..cairan tersebut berwarna sama seperti dahak(hijau) tapi berbau tidak enak dan pahit rasanya.setelah saya cek ke tht,dokter mengatakan kalo bagian hidung ada yang terumbat kanan.saya juga mejalankan city-scann..yang hasilnya menampakkan nanah yang berada di bagian pipi sebelah kanan dan kiri..
Yang ingin saya tanyakan adalah: apakah penyakit saya ini berbahaya? dan bagaimana cara mengatasinya, dan apa dampak yang paling buruk dari penyakit tersebut? terima
kasih sebelumnya saya ucapkan ke pada Ibu dokter...mohon kiranya saya diberi solusi untuk mengatasi penyakit saya ini..karena yang saya dengar dari dokter gigi saya,dampak yang paling buruk tulang pipi saya akan di buang

Jawaban drg. Lika :

Sepertinya gigi bagian belakang atas tersebut menyebabkan infeksi, sehingga hasil dari produk infeksi tersebut menimbulkan cairan yang mengumpul di rongga pipi.
Saya rasa sebaiknya gigi penyebab tersebut segera dirawat, agar infeksinya pun sembuh.
Apakah Etty sudah ke dokter gigi untuk mengkonsultasikan hal ini ? sebaiknya segera ya...
Dampak dari penyakit ini bila didiamkan, infeksi akan terus menjalar, dan bertambah parah.
Jadi saran saya, periksakan ke dokter THT dan dokter gigi, sebab keadaan seperti ini harus ditangani dari kedua belah pihak, tidak dapat hanya dari THT saja atau hanya dari gigi saja.

No comments: