Pages

Monday, March 2, 2009

Solusi Gejala Pada Umumnya

Pelupa dan linglung

Kita semua pernah mengalami lupa dan sesekali bengong, terutama setelah usia 50 tahun ketika kepikunan sudah mewarnai ketuaan. Hal yang sering kita alami di saat sedang disibukkan oleh hal lain itu, tidak perlu untuk dirisaukan. Tetapi bila muncul tiba-tiba atau bila sedemikian berat sampai mengganggu kehidupan sehari-hari, mungkin ada suatu gangguan medis yang tersembunyi. Diagram ini membahas tentang lupa atau kepikunan yang parah yang timbul secara tiba-tiba, baik Anda alami sendiri maupun oleh orang lain yang mungkin tidak menyadarinya.

Sulit berbicara

Pelajari diagram ini jika Anda mengalami kesulitan untuk memilih, menemukan atau menggunakan kata-kata; atau jika pengucapan Anda gagap atau tidak jelas. Kesulitan bicara semacam itu mungkin akibat adanya suatu kelainan atau obat-obatan yang mempengaruhi pusat bicara di otak, atau suau gangguan yang mempengaruhi pusat bicara di otak, atau suatu gangguan yang mempengaruhi mulut atau lidah.

Gangguan perasaan dan pikiran

Pelajari diagram ini bila Anda menagalami gangguan pikiran dan perasaan yang meresahkan, atau yang bagi Anda terasa tidak normal dan tidak sehat. Gangguan semacam ini bisa meliputi pikiran-pikiran agresif, atau mengenai seks, dan/atau keadaan emosi yang tak biasa dan tidak terkontrol. Bila pikiran dan perasaan itu terus mengelisahkan Anda; apapun bentuknya; bicarakanlah dengan dokter. Mungkin ia dapat membantu mendudukan perasaan itu dalam konteks yang benar dengan membicarakannya dan mungkin menawarkan suatu perawatan bila menurutnya perlu.

Depresi

Semua orang pernah mengalami pasang surut dalam suasana hati, merasa bergairah pada suatu hari tapi lesu dihari berikutnya. Sering kali hal ini timbul oleh hal-hal yang tak jelas, dan akan segera berlalu. Depresi berat dicirikan oleh perasaan tidak berguna dan bersalah, dan sering disertai gejala fisik seperti susut berat badan, merasa tidak enak badan, dan sakit kepala. Kadang-kadang oleh beberapa peristiwa besar seperti perampasan, oerceraian atau kehilangan pekerjaan. Depresi dapat juga karena gangguan fisik. Namun ada orang yang cenderung terserang depresi berulang-ulang tanpa sebab jelas. Juga ada masa-masa dimana kita mudah terkena depresi, umpamanya dimasa puber, usai melahirkan, usia setengah baya, atau masa pensiun.

No comments: