Pages

Saturday, May 2, 2009

Solusi Dokter Spesialis Penyakit

Sakit perut

Sakit di daerah antara bagian bawah tulang rusuk dan lipat paha merupakan petunjuk adanya berbagai gangguan saluran pencernaan, saluran kemih, ataupun organ reproduksi. Kebanyakan, sakit perut timbul akibat gangguan kecil sistem pencernaan, namun sakit yang berat dan terus menerus perlu segera mendapat perawatan medis.

Sakit perut berkali-kali

Pelajari diagram ini bila Anda mengalami sakit perut (didaerah antara bagian bawah rusuk dan lipat paha) yang sama selama beberapa hari dalam seminggu atau lebih. Umumnya sakit perut seperti ini timbul akibat masalah pencernaan yang sudah berjalan lama, dan bisa diatasi dengan obat dan perubahan susunan makanan. Walau demikian, diagnosa profesional sejak dini akan mengurangi kemungkinan adanya penyakit serius pada lambung, usus, atau organ dalam perut lainnya.

Perut kembung

Kembung pada seluruh bagian perut (dari dasar rongga dada sampai lipat paha) menandakan adanya gangguan pada organ pencernaan atau reproduksi. Bila selain kembung, perut juga terasa nyeri, berarti keadaanya gawat dan sebaliknya segera mencari pertolongan medis.

Masuk angin

Kelebihan angin (atau gas) dalam sistem pencernaan bisa membuat perut terasa sesak dan menimbulkan bunyi berkerucuk pada usus. Keluarnya angin baik lewat mulut ataupun anus biasanya bisa meghilangkan gejala ini. Walaupun agak malu, buang angin jarang menandakan adanya suatu penyakit. Umumnya hal itu disebabkan oleh tertelannya udara atau oleh makanan tertentu yang tidak tercerna oleh cairan pencerna, menimbulkan sisa yang beraksi menghasilkan gas dalam usus. Setiap jenis makanan mempengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda; walaupun bawang, kubis/kol dan kacang-kacang adalah penyebab umum timbulnya gas dalam perut.

Diare

Diare adalah pengeluaran kotoran yang encer dan lebih sering dari biasa. Diare jarang membahayakan, namun dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan nyeri kejang pada perut bagian bawah. Umumnya diare timbul akibat infeksi virus dan berlangsung tidak lebih dari n48 jam. Tidak diperlukan perawatan khusus selain memberi banyak minum. Walaupun demikian, bila diare berlangsung lama atau sering kambuh, sebaiknya laporkan hal itu pada dokter. Ingat bila Anda sedang minum pil KB dan terserang diare selama lebih dari 24 jam, daya cegah kehamilan mungkin berkurang, dan sebaiknya Anda gunakan alat kontrasepsi lain sampai mulai masa haid berikutnya.

1 comment:

Sophie said...

Dokter, anak saya umur 13th dan sudah 2 hari ini diare. Pup yg keluar berupa cairan aja. Ada mual juga dan pusing. Sudah diminumkan Norit tapi masih ga ada perubahan. Tadi saya coba kasih Diatabs tapi kelihatannya masih keluar masuk kamar mandi. Obat apa yang paling bagus ya dokter? Dia ga bisa minum kapsul / tablet. Mohon infonya dokter. Terima kasih sebelumnya.