Pages

Wednesday, February 2, 2011

Apakah penyakit Jengger Ayam harus dioperasi

Dok saya divonis terkena penyakit jengger ayam (kondiloma) di bagian anus. Dokter juga bilang pada bagian dalam anus terinveksi virus yang menyebabkan saya mengeluarkan cairan putih bercampur nanah mirip menstruasi. Saya mencoba konsultasi bagaimana cara menyembuhkannya tapi jawabannya mengambang. Menurut dokter apa yang harus saya lakukan. Apa harus operasi atau ada jalan lain? kalau di surabaya dmana tempatnya? apa ada obat untuk menghilangkan rasa sakitnya tiap habis BAB? obat apa yang harus saya minum untuk jangka pendeknya? Terima kasih sebelumnya

- Doni -

Jawaban :Â

Kondiloma atau lengkapnya condiloma akuminata adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang dikenal dengan nama human papiloma virus (HPV). Penyakit ini setahu saya tidak ada jenis obat minum yg bisa menghilangkan jenggernya, cara yg bisa ditempuh untuk menghilangkannya adalah dengan cara bedah minor yaitu dengan menggunakan alat yg disebut kauter (memanfaatkan panas atau biasa disebut orang awam sebagai laser) atau juga bisa dengan pisau bedah (tapi dengan pisau bedah kurang disenangi karna perdarahannya), bisa juga dengan bahan keratolitik yaitu obat lokal untuk mengelupaskan jenggernya (bila jumlahnya sedikit & kecil). Adapun untuk mencegahnya kambuh lagi yaitu saat pembedahan harus benar2 bersih kemudian diikuti dengan menjaga daya tahan tubuh sebagai faktor terpenting untuk menangkal infeksi virus yaitu dengan makan makanan yg bergizi &Â istirahat yg cukup.

Demikian penjelasan dari saya, semoga anda dapat memahaminya.

Terima KasihÂ

- Dr. Kusuma -

No comments: