Thursday, February 3, 2011

Kemaluan terasa perih dan keluar cairan kental

Assalamualikum wr wbÂ

Nama saya Hendi berusia 24 tahun (pria) 3 hari yang lalu (minggu) saya jajan tanpa memakai kondom, tapi sebelum nya rasa nyeri dalam kemaluan saya itu terasa perih, ketika saya hendak buang air kecil...dan setelah jajan pada hari minggunya saya pun merasakan hal yang sama, namun di samping itu timbul gejala seperti cairan encer yang keluar dalam kemaluan saya ketika bangun tidur...dan pada saat menonton TV pun terasa pada bibir penis saya terasa gatal,lalu keluar lagi cairan tersebut...satu lagi Dok pada saat penis saya tegang terasa sakit sekali penis saya... memang sebelum hari minggu saya pernah jajan dengan wanita yang berbeda itu pun tidak ganti yang lain... apakah ini termasuk salah satunya?

- Hendi -Â


Jawaban:

Wa'alaikum salam wr wb

Penyakit menular seksual dengan gejala keluar cairan / nanah dari dalam kemaluan adalah penyakit yang cukup sering ditemukan. Gejala seperti ini adalah gejala uretritis (radang pada urethra /saluran kencing). Uretritis dibedakan menurut secret (cairan) yang keluar dari uretra. Bila secret yang keluar berwarna putih dan kental maka itu adalah ciri-ciri uretritis gonorrhoea. Penyakit ini disebabkan kuman N. gonorrhoea yang menginfeksi lewat hubungan seksual yang dilakukan tanpa pelindung.

Penyakit ini dapat didiagnosis dengan menemukan kuman pada cairan dengan menggunakan mikroskop. Bila hal ini sudah terbukti maka terapi antibiotic dapat segera diberikan dalam jangka waktu 1 minggu. Hal lain yang diperhatikan adalah dengan berpuasa seks selama waktu penyembuhan. Beberapa literature juga menyarankan agar memeriksakan penyakit lain yang sering timbul bersama (komorbid) gonorrhoea, misalnya sifilis, dengan maksud sebagai skrining.

Saran saya untuk anda adalah untuk berkonsultasi ke dokter agar dapat segera ditangani. Ide lainnya adalah hindari hubungan seks berisiko seperti yang anda lakukan sekarang dan lakukan hubungan seks dengan pasangan yang sudah sah menjadi istri anda. Demikian penjelasan ini saya berikan, semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Wasalammualaikum wr wb

- Dr. Noor Hafidz -

7 comments:

aries said...

malam dok, saya mau bertanya..
saya mengalami kurang lebih seperti kasus di atas..
tetapi bedanya kemaluan saya hanya terasa gatal kadang2.. dan tidak sering..
terasa gatal nya di dalam (saluran kencing).. jadi untuk menghilangkan nya harus di tekan2 sehingga gatal nya hilang..
dan juga terkadang mengeluarkan sedikit cairan putih.. tidak terlalu sering seminggu 1 atau 2 x..
jadi tidak ada rasa sakit yg di rasakan selain gatal di dalam saluran kencing..

bagaimana penyembuhan nya dok??
terima kasih..

Anonymous said...

Saya ingin konsultasi. Dari penis saya keluar cairan kuning (seperti nanah) td pagi, dok. awalnya hanya ada rasa gatal di kepla penis, tp saya biarkan. setelah rasa gatalnya hilang, malah ada nanah,dok. 1 minggu yg lalu saya memang berhubungan dengan Wanita yg d knalkan oleh teman saya d puncak.Saya rasa saya terkena kencing nanah ,dok ?
Saya tidak ada biaya untuk ke dokter, DOk!
Jadi, mhon bantuan untuk pengobatannya. berdasarkan referensi di internet, apa obat ini bisa dok (ciprofloxacin 500mg) ? atau ada obat lain yg bisa saya beli di apotik tanpa harus dengan resep dokter. trm kasih

Agus W.

hakim said...

Klo untuk jenis penyakit ini tepaynya berobat ke dokter spesilis apa ya?mohon informasinya.

Anonymous said...

Malam dok,saya ♍αµ bertanya...
Pada batang penis saya timbul bintik2 merah dan terasa perih.
Sebelumnya saya merasa gatal di sekitar selangkangan saya,dan saya gunakan bedak gatal dan krim anti jamur.
Setelah gatal hilang baru muncul bintik2 merah dan sampe skrg terasa perih.
Apakah ini termasuk penyakit kelamin...??
Apakah ada salep khusus untuk menghilangkan bintik2 merah tersebut...??
Mohon penjelasannya...
Terimakasih...

diana said...

malam dok,,, knpa wktu sya buang air kecil terasa perih pada genitalia saya dok,, apa penyebabnya dok,,

^^ said...

MALAM DOK....2BLN YG LALU PINGGANG SAYA TERASA SAKIT SAMPAI SAYA MUNTAH2.SETELAH KONSUL KE DR UROLOGI SAYA DI USG,TAPI HASILNYA TDK ADA APA2 YG TERLIHAT DAN DI SARANKAN UTK CITISCANT,DAN HASILNYA ADA BATU DI SALURAN GINJAL .KATA DR UROLOGI BUKAN RADIOLOGI .SAYA DI PERKIRAKAN 6MM.DAN SAYA DI SARANKAN UTK D LASER.KARNA UKURAN BATUNYA UDAH BESAR PADA WAKTU ITU BUANG AIR MASIH LANCAR.KARNA TDK SIAP MENTAL SAYA COBA MINUM DEDAUNAN SPT TEMPUYUNG ,BATUGIN DLL.TAPI SEELAH 2BLN LEBIH SEKARANG ADA MASALAH BARU YG TIMBUL.SAYA SERING BUANG AIR KECIL HAMPIR TIAP MENIT,KALAU SAJA SAYA KURANG MINUM ,BUANG AIR KECIL SAYA TERASA PERIH DI VAGINA SAYA.SEHINGGA SAYA TDK NYAMAN.SUAMI AKHIRNYA MEMBERI DUKUNGAN BUAT SAYA LASER SAJA.DAN KAMI PERGI KONSUL LAGI KE DR UROLOGI YG LAIN ATAU BOLEH DI KATAKAN SENIOR LAH.TAPI SAYA JADI GALAU KARNA DR TSB MENYATAKAN SAYA TDK BATU GINJAL SETELAH SAYA PERLIHATKAN HASIL CITISCANT YG SAYA PUNYA DARI DR TERDAHULU.DR SENIOR MENGATAKAN SAYA PHLEBOLIT.KARNA DI SITISCANT KELIHATAN ALAT KONTRASEPSI SAYA IUD,SAYA MALAH DI RUJUK KE DR KANDUNGAN.DAN DR KANDUNGAN MENYATAKAN KANDUNGAN SAYA TDK ADA APA2.ALIAS TDK ADA MASALAH.YG INGIN SAYA TANYAKAN APA YG MEMBUAT BUANG AIR KECIL INI LANCAR DAN TDK PERIH LAGI .KEMANA SAYA HARUS BEROBAT DAN MANA DR YG TEPAT BUAT SAYA DOK.TERIMA KASIH DOK

aldy said...

malam dok.saya mau bertanya...
umur sy 25th status nikah.
1 bulan setelah sy brangkat kerja dan tidak berhubungan intim sama istri/wanita lain saat di medical ceck up koh sy bisa terkena gonnoreha..itu penyebab nya dari mn ya dok..??